Tips Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi Caesar

Tips Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi Caesar | Proses melahirkan seorang bayi dapat dilakukan dengan cara normal atau pun dengan bantuan operasi caesar. Dan untuk anda yang kebetulan menjalani proses persalinan dengan operasi caesar, tentu ingin luka bekas caesar tersebut dapat lebih cepat untuk disembuhkan. Mengingat ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, entah itu pekerjaan rumah atau pekerjaan sambilan anda. Operasi caesar juga akan menimbulkan masalah yang dapat membuat anda merasa kurang nyaman, dan merasa was-was untuk bisa segera bergerak aktif seperti biasanya. Untuk itu, bagi anda yang ingin mempercepat proses penyembuhan pasca operasi caesar ini, bisa mengikuti tips di bawah ini.

Tips Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi Caesar

Tips Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi Caesar.

  1. Hindari Membawa Barang Berat.

Setelah melakukan operasi caesar, kondisi tubuh akan terasa lemah sehingga diharuskan lebih banyak waktu untuk beristirahat. Dan sebaiknya agar luka lebih cepat untuk sembuh, anda sebaiknya menghindari membawa barang-barang berat.

  1. Jangan Berhubungan Seksual.

Disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan pasangan terlebih dahulu. Sebab tubuh anda membutuhkan waktu pemulihan paling tidak selama 6 minggu setelah operasi dilakukan.

  1. Jangan Terlalu Banyak Bergerak.

Salah satu cara mempercepat penyembuhan setelah operasi caesar adalah dengan membatasi gerakan yang tidak perlu. Hindari terlalu banyak bergerak terlebih dahulu, dan lakukan gerakan secara bertahap.

  1. Minta Bantuan.

Sebaiknya bicarakan dengan pasangan anda untuk menyediakan seseorang yang siap membantu anda dalam merawat sang buah hati. Pasalnya mengurus bayi kecil membutuhkan tenaga dan gerakan yang cukup padat.

  1. Cukup Istirahat.

Sebaiknya aturlah waktu untuk beristirahat, sebab dengan cukup beristirahat akan mempercepat proses pemulihan.

  1. Mengkonsumi Air Putih.

Disarankan untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya, hal ini berguna untuk membantu mengatasi masalah susah buang air besar.

  1. Hindari Kepanikan.

Biasanya saat anda sedang menyusui si kecil, tubuh anda akan mulai mengeluarkan keringat, dan hal ini wajar terjadi tak perlu anda merasa panik. Proses menyusui akan memicu pengeluaran hormon oksitosin dan membuat kontraksi otot bagian rahim. Hal ini akan membuat otot jantung bekerja lebih kuat sehingga membuat anda berkeringat.

  1. Melatih Otot Panggul.

Sebaiknya jangan tunda waktu untuk memulai melatih otot-otot di bagian panggul.

  1. Jaga Kebersihan Bekas Luka.

Untuk mempercepat proses penyembuhan luka caesar sebaiknya jagalah selalu kebersihan dari luka bekas jahitan. Anda bisa membersihkannya dengan cairan antiseptik untuk menghindari masalah infeksi pada luka tersebut.

  1. Bersihkan Saat Luka Terasa Gatal.

Selanjutnya hal yang perlu anda lakukan agar proses penyembuhan setelah operasi caesar ini dapat berjalan lebih cepat adalah dengan rajin membersihkan luka terlebih saat gatal. Saat luka jahitan ini terasa gatal dan terasa kencang, maka anda tak perlu cemas, karena sebenarnya hal ini wajar terjadi. Proses penyembuhan luka memang senantiasa menyebabkan masalah gatal.

Dan itulah tips mempercepat penyembuhan setelah operasi caesar, yang semoga bisa membantu anda.