Cara Efektif Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Cara Efektif Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil | Salah satu keluhan yang sering di alami oleh banyak wanita hamil adalah varises. Dan varises sendiri merupakan kondisi terjadinya pembengkakan dan pembesaran pada pembuluh darah sehingga mengakibatkan timbulnya warna biru pada permukaan kulit. Varises di picu oleh adanya pembuluh darah balik atau vena yang dapat membuat masalah penurunan pada dinding vena. Biasanya varises dapat terjadi pada bagian kaki tepatnya di area belakang lutut, di bagian area kewanitaan terutama pada kondisi wasir. Sedangkan varises pada ibu hamil terjadi akibat pengaruh hormon progesteron, dan adanya pertumbuhan janin juga akan memberikan tekanan di pembuluh darah bagian panggul serta pada pembuluh darah besar.

Bagian vena ini mempunyai katup yang berfungsi untuk menghentikan darah kembali ke jantung, dan saat katup ini tidak mampu lagi bekerja secara optimal maka pembuluh darah menjadi sesak dan mengakibatkan pertambahan darah. Jika dinding pembuluh darah mulai mengalami peregangan dan vena membengkak akan menjadikannya terlihat di bagian bawah kulit.

Lalu bagaimana untuk mengatasi masalah varises pada saat hamil ? Simak informasinya di bawah ini.

Cara Efektif Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Cara Efektif Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil.

  1. Banyak Mengkonsumsi Makanan Bergizi.

Disarankan untuk ibu hamil yang ingin mengurangi masalah varises selama kehamilan adalah dengan memperbanyak asupan makanan yang bergizi. Konsumsilah jus buah seperti aneka macam buah berry, terbukti mampu mencegah masalah varises. Pasalnya buah berry mengandung pigmen yang mampu menguatkan dinding pembuluh darah. Selain itu, konsumsi juga vitamin E yang juga akan membantu mengurangi risiko serangan varises yang semakin menjadi-jadi. Bahan dapur seperti bawang putih juga mampu menghambat timbulnya masalah varises.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh.

Sebaiknya untuk meghindari masalah varises yang semakin parah  saat kehamilan, ibu juga perlu menambah asupan cairan setiap harinya dengan mengkonsumsi air putih paling tidak 8 gelas atau 10 gelas setiap harinya. Hindari mengkonsumsi minuman seperti kopi, teh, dan aneka minuman bersoda, karena hal ini akan membuat masalah varises lebih parah dan mengakibatkan masalah susah buang air besar.

  1. Olahraga Secara Teratur.

Meskipun sedang hamil, ibu tetap harus melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti berjalan, berenang atau mengikuti kelas olahraga ibu hamil. Olahraga akan membantu melancarka sirkulasi darah dan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Hindari olehraga jogging, bersepeda ataupun aerobik karena olehraga tersebut akan membuat tekanan pada pembuluh darah di kaki.

  1. Gunakan Alas Kaki Yang Nyaman.

Selanjutnya tips efektif mengatasi masalah varises pada ibu hamil adalah dengan menghindari pemakaian sepatu berhak tinggi. Pasalnya hal ini akan menghambat kinerja dari pembuluh darah pada bagian kaki. Gunakan lah alas kaki yang nyaman, serta hindari pula jongkok atau duduk dalam waktu yang lama. Dan jangan pula duduk dengan posisi kaki di silangkan.

  1. Jangan Memijat Varises.

Untuk menghindari masalah varises yang lebih buruk, maka ibu sebaiknya jangan pernah memijat varises tersebut. Karena pijatan pijatan yang kuat akan membuat rasa sakit dan menjadikan pembuluh darah bertambah parah. Kompreslah menggunakan air dingin untuk membantu merenggangkan otot-otot. Atau bisa juga dengan mengompres kaki menggunakan cuka sari apel, secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Itulah tips efektif mengatasi masalah varises pada ibu hamil. Jika masalah varises ini semakin bertambah parah, maka disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.