5 Macam Jenis Penyakit Psoriasis yang Paling Umum

5 Macam Jenis Penyakit Psoriasis yang Paling Umum | Psoriasis merupakan sejenis kondisi kesehatan kulit yang muncul dalam berbagai macam bentuk. Meskipun jumlah penderita di Indonesia tidak sebanyak di negara-negara maju seperti Amerika, yakni sekitar 2,5% saja, tetapi penyakit ini bisa sangat parah jika tidak diobati dengan benar. Sesuai dengan jenis penyakitnya, psoriasis sebagian besar mempengaruhi area kulit anda. Setidaknya, terdapat 5 macam jenis psoriasis yang paling umum menjangkiti banyak orang. Kebanyakan para penderita psoriasis cenderung memiliki salah satu dari kelima jenis penyakit ini, dan berikut adalah daftarnya.

5 Macam Jenis Penyakit Psoriasis yang Paling Umum

5 Macam Jenis Penyakit Psoriasis yang Paling Umum

Psoriasis Plak

Psoriasis ini merupakan jenis yang paling umum dan bahkan diperkirakan sebanyak 90% para penderita psoriasis menderita jenis penyakit ini. Psoriasis plak sendiri ditandai dengan kulit kering, kemerahan, dan sisik putih tertutup yang berlapis. Biasanya, jenis psoriasis yang satu ini dapat muncul di siku, lutut, kulit kepala, atau punggung bawah anda. Tetapi dalam beberapa kasus juga menunjukkan bahwa psoriasis plak bisa muncul di mana saja termasuk di dalam mulut atau bahkan di area alat kelamin anda.

Psoriasis Gutata

Berbeda dengan psoriasis plak yang banyak sekali menyerang para penderita psoriasis, jenis psoriasis gutata hanya menjangkiti 10% saja, dan menjadikannya sebagai tipe penyakit psoriasis paling umum kedua setelah plak dan cenderung menyerang mereka yang masih berada di usia di bawah 30 tahun. Psoriasis gutata memiliki plak yang lebih kecil, lebih mirip seperti tetesan air dan biasanya berkembang secara tiba-tiba. Penyakit ini sering kali disertai dengan demam atau infeksi saluran pernafasan. Salah satu pemicu utama lainnya adalah radang tenggorokan. Plak dari psoriasis gutata biasanya muncul di area lengan, kaki, dan kulit kepala.

Psoriasis Invers

Psoriasis invers dapat berkembang di area lipatan kulit seperti ketiak, selangkangan, area di bawah payudara, di sekitar alat kelamin atau bokong, dan terkadang bisa berada tepat di belakang telinga. Penyakit ini bisa diperparah dengan munculnya gesekan kulit atau keringat dan cenderung menyerang mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Psoriasis Pustular

Lepuhan putih yang dikelilingi oleh kulit merah merupakan ciri khas dari psoriasis pustular. Kulit yang terkena penyakit ini awalnya akan berubah menjadi merah dan kemudian terdapat lepuhan berwarna kekuningan disertai dengan nanah. Psoriasis pustular cenderung disertai dengan demam, tubuh menggigil, dan rasa gatal yang teramat parah. Meskipun lepuhan dari penyakit ini cepat sembuh, tetapi juga bisa muncul kembali secara cepat.

Psoriasis Eritroderma

Bentuk paling umum dari psoriasis ini seringkali dapat menyebabkan anda terkena peradangan, gatal-gatal, dan ruam merah yang menyakitkan. Penyakit ini juga terkadang disertai dengan rasa dingin dan suhu tubuh yang sangat tidak teratur. Psoriasis eritroderma bisa disebabkan oleh sengatan matahari yang sangat parah, atau bentuk psoriasis lain yang tidak terkontrol dengan baik. Jika anda terkena penyakit ini, maka disarankan untuk segera mendapatkan perawatan karena bisa menyebabkan anda kehilangan cairan dan protein, pembengkakan, infeksi, atau bahkan pneumonia.

Psoriatik Artritis

Meskipun tidak termasuk ke dalam jenis psoriasis, tetapi psoriatik artritis dapat menjangkit sebanyak 30% orang-orang yang sudah memiliki penyakit psoriasis. Gejala utama dari penyakit ini biasanya rasa sakit dan kaku pada persendian, terutama di pagi hari yang mengharuskan anda menghabiskan sekitar 45 menit untuk melonggarkan sendi-sendi anda tersebut.