Khasiat Bunga Lawang Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Bunga Lawang Untuk Kesehatan Tubuh | Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui dengan jenis bunga yang satu ini. Bunga lawang ini merupakan salah satu jenis rempah yang ternyata memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Selain digunakan sebagai bumbu penyedap masakan terutama pada olahan makanan khas tiongkok, bunga lawang ini juga memiliki kegunaan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Ciri-ciri bunga lawang ini berbentuk menyerupai bintang yang didalamnya terdapat biji-biji kecil. Dalam budaya cina, bunga lawang ini sering disebut dengan nama ba jiao yang memiliki arti delapan kelopak. Meskipun ukuran pohonnya kecil, namun bunga lawang ini memiliki ketinggian hingga 8 meter. Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui manfaat sehat dari bunga lawang ini? Berikut ini bisa kalian simak ulasan mengenai khasiat bunga lawang untuk kesehatan.

Khasiat Bunga Lawang Untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat dan Khasiat Bunga Lawang Untuk Mengatasi Penyakit.

  1. Mengobati Sembelit dan Perut Kembung.

Masyarakat tiongkok sering memanfaatkan rempah yang satu ini sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan di pencernaan seperti perut kembung dan sembelit. Untuk menggunakannya, anda bisa menyeduh minyak bunga lawang ini terlebih dahulu dengan air hangat, lalu anda bisa meminumnya pada pagi harinya.

  1. Mengatasi Flu dan Demam.

Sifat anti jamur dan antiseptik yang terkandung dalam minyak bunga lawang ini ternyata bermanfaat untuk membantu anda mengobati flu dan demam. Senyawa shikimic asam yang tersimpan dalam tanaman rempah yang satu ini memang berfungsi untuk melawan virus yang menjadi penyebab penyakit flu.

  1. Mengatasi Gangguan Insomnia.

Aroma dari bunga lawang ini memang sangat kuat, sehingga sangat cocok sekali digunakan untuk anda yang sering mengalami masalah susah tidur. Apabila anda bisa rutin meminum teh bunga lawang, dijamin tidur anda akan terlelap yang membuat anda terasa segar saat bangun di pagi harinya.

  1. Meredakan Gejala Asma.

Sifat anti bakterial yang terdapat pada bunga lawang ini ternyata cukup ampuh untuk membantu mengobati batuk kering, bronkitis, dan gejala asma. Saat ini sudah banyak produsen obat batuk alami yang ternyata juga memanfaatkan rempah bunga lawang ini sebagai bahan utama dalam pembuatan obat tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung.

Minyak bunga lawang ini ternyata memiliki sifat analgesik yang berkhasiat untuk menyehatkan jantung.  Jika anda bisa rutin mengkonsumsi jenis rempah yang satu ini, tentu saja hal itu bisa membuat tekanan jantung anda bisa tetap stabil.

  1. Mengatasi Bau Mulut.

Salah satu jenis rempah ini ternyata memiliki khasiat lain yakni sebagai bahan alami menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Apabila anda ingin menggunakan bunga lawang ini sebagai obat alami untuk menghilang bau mulut, anda bisa dicampurkan pada masakan yang ingin dikonsumsi.

  1. Menyejukkan Pernapasan.

Manfaat lain yang bisa anda peroleh dari bunga lawang ini yaitu bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi rasa mual serta melegakan pernapasan. Anda bisa menggunakan minyak bunga lawang ini sebagai aroma terapi untuk menyejukkan pernapasan.

  1. Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi.

Bagi anda para wanita yang sering mengalami nyeri haid, anda bisa memanfaatkan ramuan alami dari bunga lawang ini. Itu karena kandungan estrogen yang terdapat pada ekstrak bunga lawang ini memiliki fungsi sebagai penghilang rasa nyeri haid serta kram di perut. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak bunga lawang ini dibagian tubuh yang terasa nyeri, lalu pijatlah secara perlahan dan lembut. Selain itu minyak bunga lawang ini pun ternyata juga bisa diminum, dengan dicampur menggunakan air hangat dan asam jawa.

Itulah tadi beragam manfaat dan khasiat bunga lawang untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Setelah mengetahuinya, kami harap mulai saat ini anda pun bisa mencoba memanfaatkan jenis rempah yang satu ini sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit anda.