6 Makanan yang Setiap Hari Dikonsumsi Ini Ternyata Sangatlah Mematikan

6 Makanan yang Setiap Hari Dikonsumsi Ini Ternyata Sangatlah Mematikan | Mempersiapkan makanan sebelum dimakan sangatlah penting demi mengurangi resiko yang mungkin bisa didapatkan. Seperti misalnya beberapa buah-buahan atau sayuran yang harus dicuci bersih demi menghilangkan pestisida yang mungkin terdapat disana. Selain mampu menjaga kesehatan anda, mengolah makanan juga bisa membuat masakan tersebut menjadi jauh lebih lezat daripada dimakan mentah. Tapi bagaimana jika persiapan makanan tersebut bisa menentukan apakah esok hari anda masih hidup atau tidak? Faktanya, terdapat beberapa makanan yang sangatlah beracun jika tidak diolah secara benar terlebih dahulu. Sebut saja ikan fugu atau ikan buntal yang mengandung racun dan mematikan jika tidak dipersiapkan dengan benar.

Kedua jenis ikan tersebut hanyalah contoh dari sedikitnya makanan berbahaya yang mengancam nyawa anda. Bahkan kebanyakan makanan berbahaya tersebut selalu anda konsumsi setiap hari. Nah, agar anda tidak mendapatkan masalah serius, ada baiknya anda mengetahui makanan apa sajakah sih yang bisa membunuh anda jika tidak diolah dengan benar. Dan berikut adalah daftarnya.

6 Makanan yang Setiap Hari Dikonsumsi Ini Ternyata Sangatlah Mematikan

6 Makanan yang Setiap Hari Dikonsumsi Ini Ternyata Sangatlah Mematikan

Madu

Tidak banyak orang yang tahu, tetapi sebenarnya madu alami mengandung sejenis racun yang disebut dengan alkaloid pyrrolizidine. Madu yang anda konsumsi haruslah menjalani proses pasteurisasi terlebih dahulu demi menghilangkan racun berbahaya tersebut.

Memakan satu sendok teh madu yang belum diolah dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, lemas, dan muntah-muntah. Gejala tersebut akan berlangsung hingga 24 jam. Bahkan terdapat kemungkinan bahwa madu alami bisa membunuh anda jika dikonsumsi lebih dari satu sendok teh.

Kentang

Kentang yang umum dikonsumsi ini jika dimakan di saat yang kurang tepat, maka bisa membahayakan diri anda. Daun, tangkai, dan kecambah dari kentang mengandung glycoalkaloid, yaitu sejenis racun yang ditemukan di tanaman berbunga yang disebut dengan nightshade, dan kentang termasuk ke dalamnya.

Jika anda mendapati kentang anda terlalu lembab atau cerah, dan menyimpannya dalam waktu yang lama, maka kemungkinan kentang tersebut akan mulai bertunas. Saat itu terjadi, sebaiknya anda membuang jauh-jauh sayuran tersebut karena sudah dipastikan terdapat racun disana.

Kacang Merah

Meskipun terdapat beberapa makanan yang lebih baik dikonsumsi mentah-mentah agar kandungan gizinya tidak banyak yang terbuang, tetapi beberapa makanan justru akan sangat berbahaya jika dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu, dan salah satunya adalah kacang merah.

Kacang merah mengandung racun yang disebut dengan lektin yang bisa membunuh sel-sel di perut anda. Kondisi ini sangatlah buruk dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Disarankan untuk merendam kacang merah tersebut setidaknya selama 5 jam sebelum dikonsumsi. Memakan kacang merah mentah meskipun sebanyak setengah cangkir dapat menyebabkan anda terkena sakit parah.

Kacang Lima

Kacang merah bukanlah satu-satunya jenis kacang yang berbahaya. Temannya yang disebut dengan kacang lima juga tidaklah begitu bersahabat jika dikonsumsi mentah karena mengandung senyawa yang disebut dengan linamarin, dimana bisa berubah menjadi senyawa hidrogen sianida di dalam tubuh anda.

Singkong

Jenis tanaman yang tumbuh subur di Indonesia ini sangatlah lezat untuk dikonsumsi, salah satunya dengan digoreng atau pun dijadikan keripik singkong. Tetapi dibalik dari kelezatannya tersebut, singkong bisa membuat anda terkena kondisi berbahaya jika dikonsumsi secara mentah. Singkong ini memiliki kebiasaan kecil dimana mampu berubah menjadi hidrogen sianida, sama halnya dengan kacang lima.

Elderberry

Buah yang terdengar sangat eksotis ini biasa digunakan dalam selai, wine, dan teh. Tetapi sangatlah mengejutkan bahwa elderberry ternyata mengandung glikosida penghasil sianida, terutama di dalam biji dan daunnya. Jika buah tersebut tidak diolah dengan benar, atau dipanen sebelum benar-benar matang, maka mengkonsumsinya bisa menyebabkan anda terkena muntah-muntah dan koma, bahkan hingga kematian.