Inilah Tanda Wanita Mandul Atau Tidak Subur

Sending
User Review
0 (0 votes)

Inilah Tanda Wanita Mandul Atau Tidak Subur | Setiap wanita pasti ingin merasakan masa-masa kehamilan, melahirkan, menyusui, merawat dan membesarkan sang buah hatinya. Meskipun terkesan melelahkan, namun sebenarnya begitu membahagiakan. Menjadi seorang ibu adalah impian setiap wanita, melihat buah hatinya tumbuh besar dan menjadi orang yang sukses pastilah menjadi kebahagian tersendiri bagi seorang ibu. Namun tidak semua wanita beruntung dan bisa memiliki keturunan, karena ada sebagian wanita yang memang tidak bisa merasakan kehamilan atau mandul. Ketika menikah hal yang pasti dinanti oleh setiap pasangan adalah memiliki seorang anak, yang akan menjadi pelengkap kebahagiaan dalam rumah tangga. Sehingga tak heran jika sampai rumah tangga yang belum juga dikaruniai seorang anak, akan lebih rentan terkena masalah dan lebih sering bertengkar.

Pasalnya seorang laki-laki atau suami pastinya ingin bisa memiliki keturunan dari istrinya, yang akan menjadi harapan dan penyemangat dalam menjalani hidup. Anak juga akan menjadi tumpuan ketika orang tua sudah berusia lanjut, dan anak pulalah yang akan merawat dan berganti peran menjadi penjaga kedua orang tuanya. Maka dari itu kehadiran seorang anak pasti akan selalu dinanti oleh pasangan suami istri. Seberapa pun bahagianya hidup dengan harta berlimpah namun kebahagiaan tersebut masih terasa kurang tanpa kehadiran seorang anak ditengah-tengah kebahagiaan tersebut. Hal yang menjadi hambatan bagi seorang wanita untuk bisa hamil adalah masalah kesuburan, maka dari itu penting bagi kita khususnya wanita untuk mengetahui ciri atau tanda dari wanita mandul atau tidak subur.

Inilah Tanda-Tanda Wanita Mandul Atau Tidak Subur

Tanda-Tanda Wanita Mandul Atau Tidak Subur.

  1. Wanita yang Terlalu Kurus.

Terkadang kehamilan memang lebih menuntut akan kesuburan dari seorang perempuan. Padahal kaum laki-laki pun disini memiliki andil yang cukup besar pula untuk pasangannya bisa hamil. Masalah mandul atau tidak subur pada wanita juga bisa dikarenakan adanya kekurangan berat badan atau wanita yang memiliki bentuk badan terlalu kurus. Sebenarnya baik wanita yang terlalu gemuk atau terlalu kurus sama-sama bisa mengalami masalah kesulitan hamil. Wanita dengan berat badan terlalu kurang juga akan memiliki hormon yang kurang stabil. Dan hal ini dapat menyebabkan fungsi hormon yang tidak dapat bekerja secara maksimal. Sistem reproduksi yang kurang mendapatkan dukungan dari hormon wanita juga akan berjalan kurang baik. Sehingga akan membuat wanita kurus sulit untuk bisa hamil. Bahkan wanita berbadan kurus akan memiliki sistem reproduksi yang lemah diakibatkan terlalu sedikitnya jumlah hormon di dalam tubuh.

  1. Wanita Pecandu dan Perokok.

Perlu diketahui bahwa seorang wanita pecandu dan juga perokok akan memiliki masalah di dalam organ reproduksi. Wanita yang kecanduan obat-obatan terlarang, minuman keras dan juga rokok didalam tubuhnya sudah bersarang zat-zat berbahaya yang akan sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan dan melemahkan sistem reproduksi. Maka dari itu sangat disayangkan jika seorang wanita harus kehilangan kesuburan hanya karena kebisaan buruk yang dijalaninya. Segera berhenti dari gaya hidup buruk seperti demikian, jika tidak ingin masalah kesuburan ini datang. Dan sebaiknya saat melakukan perencanaan kehamilan, maka harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, yang meliputi berbagai hal yang berhubungan dengan masalah reproduksi, dan tentang kondisi kesehatan tubuhnya. Pasalnya pecandu obat-obatan terlarang akan berisiko tinggi terkena penyakit menular berbahaya seperti HIV dan lain sebagainya.

  1. Mengalami Haid yang Tidak Teratur.

Salah satu hal yang dapat menjadi tanda wanita tidak subur atau mandul adalah sering mengalami periode haid yang tidak teratur.  Walaupun banyak wanita yang memiliki masa haid tidak teratur namun tidak mengalami gangguan pada kesuburan. Akan tetapi sejauh penelitian dan pernyataan dari dokter ahli kandungan menyebutkan bahwa wanita yang mengalami haid tidak teratur akan lebih sulit untuk bisa mengalami kehamilan. Pasalnya masa haid yang tidak teratur akan membuat kesulitan untuk bisa menebak masa subur dari wanita tersebut, berbeda dengan wanita yang memiliki periode kehamilan teratur, yang dapat dengan mudah dihitung masa suburnya. Dengan mengetahui masa subur akan lebih memudahkan untuk merencanakan kehamilan.

  1. Memiliki Berat Badan Berlebih.

Kelebihan berat badan atau obesitas yang dialami oleh wanita ternyata tidak hanya akan mengganggu masalah penampilan luar saja. Namun untuk urusan kesehatan dan juga kesuburan juga akan terganggu dengan adanya kondisi tersebut. Maka dari itu seringkali wanita dengan berat badan berlebih selalu diminta untuk melakukan program diet untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal atau normal oleh dokter, disaat akan melakukan perencanaan kehamilan. Sebab badan yang terlalu gemuk akan membuat hormon wanita menjadi kurang seimbang dan jika hal ini tidak segera diatasi maka akan sangat berpengaruh pada fertilitas, dan akan menyulitkan wanita mengalami kehamilan.

  1. Mengalami Menopause Dini.

Dan selanjutnya ciri-ciri wanita yang tidak subur atau mandul adalah wanita yang telah mengalami menopause dini yang menjadikan sistem reproduksi sudah  tidak produktif lagi. Wanita yang mengalami menopause dini memang jarang dijumpai akan tetapi jika wanita mengalami gangguan pada hormon nya dalam jangka waktu yang panjang maka dapat berpotensi mengalami menopause dini. Jika hal ini sampai terjadi maka sangat kecil kemungkinan untuk bisa memiliki keturunan.

  1. Wanita Yang Menggunakan Alat Kontrasepsi.

Wanita yang memutuskan untuk memakai alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan karena suatu hal, maka bisa mengalami gangguan pada kesuburan nya. Sebab penggunaan alat kontrasepsi ini cenderung memiliki dampak yang kurang baik bagi wanita. Hal ini dapat mempengaruhi siklus haid yang menjadi tidak teratur dan akhirnya mengganggu tingkat kesuburan wanita. Apabila wanita tersebut mempunyai kondisi tubuh yang sehat, tentu hal tersebut tidak akan memberikan dampak yang buruk pada sistem reproduksi nya. Akan tetapi sebagian besar wanita akan kesulitan dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa memperbaiki kembali sistem reproduksi nya akibat pemakaian alat kontrasepsi tersebut. Untuk itu, disarankan setelah menikah harus langsung membuat perencanaan kehamilan, jangan menunda-nunda apalagi dengan jalan pemakaian alat kontrasepsi.

Demikian tanda-tanda wanita mandul atau tidak subur. Sebaiknya cobalah untuk menghindari hal-hal buruk yang akan membuat kemungkinan memberi dampak buruk pada masalah kesuburan dan sistem reproduksi.