Cara Mengatasi Nyeri Testis Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Nyeri Testis Dengan Bahan Alami | Testis merupakan salah satu organ pada pria yang memiliki peranan penting dalam sistem reproduksi. Fungsi dari testis sendiri salah satunya yaitu sebagai penghasil sperma. Ciri dari testis yang sehat adalah terasa halus saat dipegang dan tidak memiliki benjolan atau pembengkakan. Akan tetapi karena memang organ yang satu ini bersifat sensitif, jadi apabila tersenggol atau pun tertekan tentunya akan menimbulkan rasa nyeri sehingga membuat pria tersebut merasa tidak nyaman. Sedangkan untuk penyebab nyeri testis ini umumnya beragam tergantung dari gejala seperti karena adanya peradangan testikel, cedera pada tetikel, infeksi saluran kemih, varikokel, dan karena adanya penyakit lainnya yang menjadi pemicu nyeri pada testis tersebut. Biasanya nyeri pada testis ini memang tidak terlalu parah dan bisa diatasi sementara dengan menggunakan obat medis atau bisa juga dengan memanfaatkan beberapa obat berbahan alami seperti berikut ini:

Cara Mengatasi Nyeri Testis Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Nyeri Testis Dengan Bahan Alami

  1. Menggunakan Bunga Pisang.

Salah satu bahan alami yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati nyeri pada testis yaitu bunga pisang. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengambil bunga pisang, lalu keringkan dibawah cahaya matahari selama kurang lebih 2 hari. Setelah benar-benar kering, anda bisa menggiling bunga pisang tadi sampai halus. Sesudah itu anda bisa mengambil 1 sendok teh bunga pisang kering yang dicampurkan dengan air hangat. Kemudian anda bisa langsung meminumnya sebelum makan. Ramuan alami dari bunga pisang ini memang sudah terbukti cukup efektif mengobati rasa nyeri pada testis.

  1. Menggunakan Daun Sirih.

Bagi anda yang ingin menggunakan daun sirih sebagai obat alami untuk mengobati nyeri pada testis, caranya yaitu dengan menempelkan daun sirih yang telah diolesi dengan madu. Setelah itu anda bisa langsung mengoleskannya pada bagian testis yang terasa nyeri, dan diamkan selama kurang lebih 4 jam, dan setelah itu anda bisa bilas dengan air bersih. Selain untuk mengobati peradangan dibagian testis, daun sirih ini juga berkhasiat untuk mengobati infeksi pada area tersebut.

  1. Menggunakan Kunyit.

Kunyit memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang berguna untuk mengatasi beragam penyakit, termasuk diantaranya untuk mengatasi rasa nyeri pada testis. Itu karena kandungan zat inflamasi yang terdapat pada kunyit ini memang cukup efektif untuk mengobati peradangan yang menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri di testis.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun.

Ternyata minyak zaitun ini juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri pada testis. Cara menggunakannya yaitu mencampurkan minyak zaitun dengan minyak ikan, kemudian anda bisa mengoleskannya pada area sekitar testis selama satu minggu. Lakukanlah cara ini setiap malam sebelum tidur. Setelah satu minggu, kami yakin infeksi dan nyeri pada bagian testis akan berangsur mereda.

  1. Menggunakan Bawang Merah.

Anda pun bisa menggunakan bawang merah untuk mengobati nyeri pada testis, caranya yaitu pertama-tama tumbuk lah beberapa butir bawang merah, kemudian campur kan dengan minyak wijen sampai membentuk sebuah pasta. Setelah itu anda bisa mengoleskan atau gosokkan pada area testis setiap malam hari secara rutin selama kurang lebih 3-4 hari.

  1. Mengonsumsi Jus Cranberry.

Apabila penyebab timbulnya rasa nyeri pada testis ini disebabkan karena infeksi saluran kemih, maka untuk mengatasinya anda pun bisa mengkonsumsi jus cranberry secara rutin setiap hari sampai rasa nyeri di testis sudah benar-benar pulih.

Demikian tadi penjelasan singkat kami mengenai cara mengobati nyeri pada testis dengan bahan alami. Jadi, bagi kalian kaum pria, penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan organ reproduksi anda agar bisa tetap berfungsi secara normal.