Inilah Khasiat Minyak Kamper Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Inilah Khasiat Minyak Kamper Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui | Kapur barus atau kamper yang kita tahu mungkin hanya digunakan sebagai bahan pengharum lemari pakaian atau kamar mandi, karena memang kamper atau kapur barus ini memiliki aroma segar yang bisa menghilangkan bau tidak sedap. Namun tahukah anda, ternyata kapur barus ini tidak hanya mampu untuk mengharumkan lemari pakaian saja, tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita yaitu bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beragam penyakit. Menurut jenisnya, minyak kamper ini terbagi menjadi tiga jenis, yang mana minyak kamper kuning dan cokelat ini memiliki kandungan safrol yang tinggi yang merupakan zat beracun.

Sedangkan minyak kamper putih mempunyai tingkat kandungan safrol yang rendah, sehingga minyak kamper putih inilah yang sering digunakan sebagai bahan alami untuk pengobatan penyakit. Penasaran kan, sebenarnya apa saja manfaat dan khasiat kapur barus untuk kesehatan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita sama-sama menyimak informasi selengkapnya dibawah ini.

Inilah Khasiat Minyak Kamper

Manfaat Kamper atau Kapur Barus Untuk Kesehatan.

  1. Menghilangkan Rasa Nyeri dan Gatal.

Kandungan analgesik yang terdapat pada minyak kamper ini ternyata mampu untuk meredakan nyeri otot dan sendi. Ketika anda mengoleskannya kebagian kulit,  minyak kamper akan memberikan efek mendinginkan bagian otot yang nyeri tersebut, sehingga akan memperlancar aliran darah. Selain itu minyak kamper ini juga berfungsi sebagai perangsang ujung saraf perifer yang memiliki manfaat sebagai penghilang rasa gatal. Untuk menggunakannya, anda bisa mengoleskan minyak kamper ini pada bagian otot yang memar atau keseleo untuk membantu meredakan.

  1. Menyegarkan Tenggorokan.

Minyak kamper ini juga cukup efektif untuk digunakan sebagai obat alami untuk menyegarkan tenggorokan serta sebagai obat pereda batuk. Itu karena kandungan dekongestan yang terdapat pada minyak kamper ini bersifat menghangatkan. Untuk menggunakannya, anda bisa mencampurkan minyak kamper ini dengan minyak carrier, lalu oleskan pada bagian tenggorokan dan dada. Tidak cuma itu saja, ternyata kamper juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit asma.

  1. Mengatasi Masalah Pada Kulit.

Tidak hanya mampu untuk meredakan rasa gatal serta iritasi pada kulit saja, kamper juga bermanfaat sebagai bahan alami untuk mengobati masalah pada kulit seperti mengobati jerawat dan ruam di kulit. Namun perlu anda ingat, penggunaan kamper tidak disarankan pada bagian tubuh yang terkena luka.

Inilah Khasiat Minyak Kamper

  1. Mengatasi Infeksi Jamur Kuku dan Kulit.

Manfaat lain yang bisa anda peroleh dari kamper adalah sebagai obat alami untuk mengatasi infeksi jamur pada kuku dan kulit. Untuk menggunakannya, anda bisa mencampurkan beberapa kamper kecil dan air, lalu oleskan campuran tadi pada bagian kuku atau kulit yang terkena infeksi jamur. Anda pun bisa menggunakan cara lainnya yaitu campurkan dengan minyak kayu putih dan lemon, kemudian anda tinggal mengoleskannya pada area kuku atau kulit yang terinfeksi jamur tadi.

  1. Penggunaan Untuk Terapi Lain.

Kandungan yang terdapat pada kamper ini memang memiliki sifat merangsang sistem pencernaan dan sistem saraf. Untuk pemakaian kamper secara internal memang dianggap cukup membahayakan. Akan tetapi sebagian orang justru menggunakan kamper ini secara internal sebagai metode pengobatan pada seseorang yang mengalami batuk dan neuralgia. Perlu anda ketahui bahwa penggunaan kamper secara internal ini bisa mengakibatkan efek samping yang cukup membahayakan.

Meskipun pada dasarnya kamper atau kapur barus ini cukup efektif untuk digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, namun jika dalam penggunaannya tidak sesuai anjuran, justru malah akan sangat membahayakan kesehatan kita.