Ketahuilah Bahaya Dari Masalah Obesitas Pada Wanita

Ketahuilah Bahaya Dari Masalah Obesitas Pada Wanita | Obesitas atau memiliki berat badan berlebih adalah hal yang banyak ditakuti oleh kalangan wanita pada umumnya. Pasalnya tubuh yang gemuk dengan banyak lipatan dimana-mana akan menjadi sesuatu yang paling buruk bagi wanita. Terutama wanita yang memang menjaga sekali masalah penampilannya. Banyak wanita beranggapan bahwa memiliki tubuh yang gemuk akan menjadi hambatan untuk bisa memiliki karir yang cemerlang. Tidak hanya itu, bertubuh gemuk juga membuat wanita menjadi sulit untuk bisa memperlihatkan pesona keseksiannya, dan terlihat kaku untuk bisa tampil menawan di hadapan banyak orang.

Maka dari itu banyak wanita yang mati-matian melakukan diet untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh yang langsing dan dengan berat badan yang ideal. Untuk anda yang ingin mengetahui obesitas, bisa mencoba menggunakan kalkulator BMI untuk bisa mengetahui apakah berat anda kurang, ideal atau bahkan berlebihan. Pada masa sekarang ini, masalah obesitas atau berat badan berlebih memang menjadi sorotan di dunia kesehatan. Karena baik anak-anak, atau pun orang dewasa khususnya wanita yang memiliki berat badan berlebihan akan lebih rentan mengalami gangguan kesehatan.

Ketahuilah Bahaya Dari Masalah Obesitas Pada Wanita

Bahkan gangguan kesehatan ini dapat berawal dari penyakit yang ringan hingga menjadi penyakit yang berbahaya dan serius. Maka dari itu selalu saja dokter menyarankan pada wanita dengan obesitas untuk mencoba menurunkan berat badannya, sampai mencapai berat yang ideal jika tidak ingin penyakit-penyakit berbahaya datang menyerang. Dan inilah bahaya obesitas  pada wanita.

Inilah Bahaya Dari Masalah Obesitas Pada Wanita.

  1. Mengganggu Tingkat Kesuburan.

Salah satu bahaya dari masalah obesitas pada wanita adalah terganggunya tingkat kesuburan yang dapat membuat wanita obesitas menjadi kesulitan untuk bisa mendapatkan keturunan. Hal ini tentu sangat wajar terjadi, karena pada kondisi obesitas akan menjadikan tumpukan lemak yang berada di dalam rahim membuat ovulasi sehingga akan menyulitkan untuk bisa terjadinya pembuahan.

Selain itu, wanita yang memiliki berat badan berlebih biasanya akan mengalami gangguan pada hormonnya yang tidak seimbang yang akan mengakibatkan siklus haid menjadi tidak teratur. Sedangkan untuk menentukan masa subur pada wanita, harus didukung dengan adanya periode haid yang teratur. Maka dari itulah tak perlu heran jika wanita dengan masalah kegemukan akan sulit untuk bisa hamil dan memiliki seorang anak.

  1. Penyakit Diabetes.

Selanjutnya bahaya dari masalah obesitas pada wanita karena mampu mendatangkan berbagai penyakit berbahaya datang dalam tubuh. Salah satunya adalah penyakit diabetes, yang dapat membuat penderitanya harus selalu mengkonsumsi obat-obatan untuk menormalkan kadar gula yang tinggi dalam darah. Jumlah lemak yang berlebihan didalam tubuh akan menyebabkan glukosa menjadi sulit untuk dipecah menjadi energi, yang akhirnya terus menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan masalah diabetes.

Maka dari itu perlu adanya kesadaran untuk mencoba hidup lebih sehat dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan juga makanan berlemak. Ingat hingga saat ini belum bisa ditemukan obat untuk mengobati atau menghilangkan penyakit diabetes. Pemberian obat hanya digunakan untuk membantu stabilkan kadar gula dalam tubuh.

  1. Masalah Kelemahan Otot.

Obesitas yang terjadi pada wanita juga dapat menjadi salah satu penyebab masalah kelemahan otot. Adanya timbunan lemak yang ada di dalam tubuh akan menjadikan kinerja dari otot menjadi terganggu sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, wanita dengan kelebihan berat badan biasanya merasa enggan untuk melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Sebab kesulitan untuk melakukan beragam gerakan menjadikan wanita obesitas merasa malas untuk bergerak.

Hal ini akan berpengaruh pada masalah otot yang semakin melemah terutama di bagian punggung. Sehingga banyak para wanita pemilik berat badan berlebih sering mengeluhkan timbulnya masalah sakit otot di bagian punggung atau pun  pada bagian kaki.

  1. Serangan Penyakit Jantung Koroner.

Untuk bahaya masalah obesitas pada wanita yang harus anda ketahui adalah adanya serangan dari penyakit jantung koroner. Pada dasarnya seorang wanita yang memiliki tubuh gemuk akan mempunyai permasalahan dengan napas yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan wanita yang mempunyai berat badan ideal. Hal ini dapat terjadi karena wanita dengan masalah obesitas akan memiliki pembuluh darah di bagian organ jantungnya yang tertutupi oleh lemak.

Lemak ini akan membuat aliran darah yang menuju ke jantung menjadi terhambat dan kurang berjalan dengan baik. Akibatnya akan membuat aliran oksigen di dalam tubuh menjadi tidak lancar. Gangguan penyumbatan pembuluh darah di bagian jantung ini harus segera mendapatkan perhatian, karena jika terus di biarkan akan mengakibatkan serangan jantung koroner. Penyakit ini tak segan-segan mengambil nyawa seseorang terutama pada wanita dengan berat badan berlebih.

  1. Serangan Penyakit Stroke.

Selain masalah tekanan darah tinggi dan jantung koroner, masalah obesitas yang terjadi pada wanita juga dapat mengakibatkan serangan penyakit stroke. Penyempitan pada pembuluh darah tidak hanya terjadi pada bagian jantung saja, namun dapat juga terjadi di bagian otak. Ditambah dengan adanya kadar kolesterol yang tinggi yang juga dapat melakukan penyumbatan darah di otak, sehingga hal ini dapat membuat aliran darah yang ada di otak menjadi terhambat dan bisa memicu serangan penyakit stroke.

  1. Nyeri Persendian.

Satu hal lagi yang di harus dirasakan tubuh saat masalah obesitas ini tidak segera diatasi dengan baik yaitu masalah nyeri di persendiaan. Obesitas ini akan membuat sendi-sendi yang berada di dalam tubuh akhirnya tidak dapat lagi menopang dengan baik, karena berat badan yang sudah terlalu berlebihan. Nyeri persendian ini akan lebih sering terasa di bagian lutut dan persendian di bagian jari-jari kaki. Nyeri persendian ini akan terasa sangat menyakitkan, sehingga akan membuat rasa tidak nyaman.

  1. Hipertensi

Gangguan obesitas pada wanita juga sering menjadi salah satu penyebab masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dapat terjadi akibat adanya penyempitan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh adanya jumlah kolesterol yang tinggi. Dengan demikian supaya darah bisa terus mengalir melalui pembuluh darah yang mengalami penyempitan tersebut maka tekanan akan lebih dipercepat dan dampaknya mengakibatkan masalah hipertensi.

Itulah beberapa bahaya dari masalah obesitas pada wanita yang harus menjadi renungan bagi anda yang memiliki masalah berat badan berlebih. Jangan malas untuk bergerak lebih aktif dengan melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Atur pula pola makan dengan lebih mengutamakan sayuran dan juga buah-buahan.