Ketahuilah Penyebab Keguguran Pada Trimester Pertama dan Kedua

Ketahuilah Penyebab Keguguran Pada Trimester Pertama dan Kedua | Keguguran adalah hal yang paling tidak diinginkan bagi setiap wanita yang sedang mengalami kehamilan. Namun sayangnya masih banyak sekali kasus keguguran pada kehamilan yang terjadi dan hal ini sangat disayangkan oleh semua wanita. Wanita mana yang tidak akan bersedih hati saat usaha untuk bisa hamil dilewatinya dengan berbagai perjuangan yang sulit dan membutuhkan waktu yang sangat lama, dan kemudian bisa tercapai namun tiba-tiba saja harus menerima kenyataan paling pahit karena harus mengalami keguguran. Terkadang ada banyak hal yang mendasari terjadinya masalah keguguran pada kehamilan. Ketidaktahuan, kecerobohan dan ada banyak hal yang lain yang sering menjadi penyebab keguguran.

Faktor Penyebab Keguguran Pada Trimester Pertama.

Maka dari itulah, ibu yang sedang hamil diharapkan untuk lebih bisa berhati-hati lagi dengan kondisi kehamilannya. Perbanyak pengetahuan mengenai kesehatan ibu hamil, bila perlu ikutilah kelas ibu hamil yang disana ibu hamil bisa memperoleh banyak informasi penting seputar kehamilan. Jangan lupa untuk teratur melakukan pemeriksaan kehamilan ibu, ikutilah saran dan petunjuk dari dokter, dan tanyakanlah apa saja seputar kehamilan yang belum ibu ketahui agar bisa menjadi tambahan ilmu yang berguna untuk menunjang kehamilan ibu. Jangan sampai ibu nantinya menyesal karena harus kehilangan calon buah hati yang sudah lama ibu dan pasangan ibu idam-idamkan.

Ketahuilah Penyebab Keguguran Pada Trimester Pertama dan Kedua

Perlu ibu ketahui bahwa keguguran pada kehamilan dapat menyerang siapa saja, dan terkadang prosesnya terjadi secara tiba-tiba, walaupun terkadang ibu merasa sudah benar-benar menjaga kehamilan ibu dengan baik. Sering juga terjadi dalam kasus keguguran yang dimana seorang ibu bahkan tidak menyadari kalau janin yang ada dalam kandungan telah tiada. Pada umumnya keguguran sering terjadi saat usia kehamilan berada pada minggu ke 7 sampai dengan ke 12 minggu pertama sesudah terjadinya proses pembuahan. Penting bagi seorang wanita yang kini tengah hamil untuk mengetahui beberapa faktor penyebab keguguran yang terjadi pada trimester  pertama dan trimester kedua. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Gangguan Pada Plasenta.

Salah satu faktor penyebab terjadinya keguguran pada kehamilan dimana usia bayi masuk dalam triemester pertama kehamilan adalah terjadinya gangguan pada plasenta. Plasenta bayi merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk menghubungkan aliran darah ibu pada calon bayi di dalam rahim. Dengan plasenta bayi ini pula janin akan memperoleh asupan nutrisi yang akan berguna untuk mendukung tumbuh kembang janin selama dalam kandungan. Apabila plasenta bayi ini mendapatkan gangguan atau terjadi kerusakan maka akan memicu terjadinya gangguan pada kehamilan yang dapat berujung pada keguguran. Sebab bayi akan mengalami permasalahan untuk tumbuh dan berkembang di dalam kandungan.

Gangguan Pada Kromosom Bayi.

Adapun faktor penyebab keguguran yang dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama adalah adanya permasalahan pada kromosom bayi. Hal ini sering terjadi akibat adanya sel telur yang telah dibuahi oleh cairan sperma mempunyai jumlah kromosom yang kurang tepat. Bisa saja kromosom tersebut mengalami kekurangan atau pun kelebihan, yang akan mengakibatkan pertumbuhan janin menjadi kurang maksimal. Tidak hanya masalah pertumbuhan yang kurang baik, akan tetapi hal tersebut dapat membuat permasalahan yang cukup fatal yaitu keguguran.

Penyebab Keguguran Trimester Kedua.

Kondisi Ibu Hamil.

Masalah keguguran tidak hanya dapat terjadi saat usia kandungan berada pada trimester pertama. Akan tetapi dalam tahapan selanjutnya yaitu trimester kedua pada kehamilan, juga masih sangat rentan terhadap masalah keguguran ini. Faktor yang menyebabkan keguguran pada trimester kedua ini biasanya diakibatkan oleh kondisi kesehatan ibu hamil yang sering mengalami gangguan. Ada banyak penyakit yang bisa menyerang ibu hamil seperti penyakit diabetes, hipertensi atau tekanan darah tinggi, lupus, penyakit ginjal, penyakit jantung dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu adanya gangguan seperti PCOS atau sindrom ovarium polikistik juga dapat menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya keguguran di trimester kedua.

Keracunan Makanan.

Selanjutnya untuk faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya keguguran pada trimester kedua ini adalah akibat keracunan makanan. Seringkali ibu hamil mengalami keguguran dikarenakan permasalahan yang dianggap sepele namun ternyata dapat berakibat fatal. Saat ibu hamil mengkonsumsi makanan yang bersifat toxic atau beracun maka hal ini akan langsung memberikan reaksi yang kurang baik terhadap kesehatan janin dalam kandungan. Hal ini terjadi karena setiap makanan yang ibu konsumsi segala nutrisi yang ada didalamnya akan diserap oleh janin. Sehingga jika ibu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi, maka janin pun dapat sejahtera, kuat, sehat dan semakin berkembang dengan baik sesuai umur kandungan. Akan tetapi jika apa yang ibu makan banyak mengandung racun berbahya maka efeknya akan memberi dampak yang kurang baik untuk tumbuh kembang janin bahkan bisa berujung pada keguguran. Oleh sebab itu, saat ibu mengetahui bahwa ada janin yang hidup di dalam perut ibu, maka sebaiknya ibu mulai memilih bahan makanan apa saja yang harus ibu konsumsi dan yang tidak boleh ibu konsumsi. Hindari makanan yang tidak sehat dan kurang terjaga kebersihannya, demi sang buah hati ibu dalam kandungan.

Struktur Rahim.

Faktor penyebab keguguran pada kehamilan trimester kedua salah satunya adalah adanya permasalahan pada struktur di bagian rahim ibu. Hal ini tentu diluar keinginan ibu tentunya, karena  ibu sudah berusaha untuk menjaga kehamilan dengan baik tapi ternyata justru pemicu terjadinya keguguran disebabkan oleh kondisi di rahim ibu sendiri. Selain  karena struktur rahim, ada juga hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya keguguran yaitu adanya perkembangan atau pertumbuhan sel non kanker misalnya fibroid yang akan membahayakan janin dan perkembangan janin di dalam kandungan. Dan hal ini bisa membuat masalah pada kehamilan yang akhirnya bisa membuat keguguran di trimester kedua kehamilan.

Itulah beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya keguguran di trimester pertama dan trimester kedua kehamilan yang sangat perlu untuk ibu ketahui. Jangan sampai keguguran ini datang pada kehamilan ibu, segera periksakan kandungan ibu jika ibu merasa ada sesuatu yang tidak beres atau ganjil pada kandungan ibu.