5 Tips Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Kuat

5 Tips Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Kuat – Biasanya bila keadaan tubuh kita tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka kita akan sangat mudah terserang berbagai penyakit seperti, flu, demam, batuk, dan lain sebagainya. Hal ini mudah sekali terjadi apabila kita terlalu memaksa diri untuk melakukan aktivitas yang tinggi, yang mengakibatkan tubuh menjadi lemah akibat kelelahan, namun kita tidak segera mengimbanginya dengan memberi asupan makanan yang berfungsi untuk menambah daya tahan tubuh, maka yang terjadi adalah tubuh sangat rentan sekali terserang berbagai penyakit.

5 Tips Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Kuat

Pada ulasan kali ini kami akan mencoba membagikan beberapa tips kesehatan bagaimana caranya kita menjaga dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, agar tubuh kita tetap sehat, segar, dan bugar. Ada beberapa faktor yang penting yang perlu kita perhatikan dan lakukan supaya kita tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat, berikut ini.

5 Tips Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Kuat :

  1. Selalu Berpikir Positif

Berpikir adalah satu keadaan yang sebenarnya cukup menguras tenaga, dan hal itu tidak pernah kita sadari. Biasanya hal ini terjadi karena kita menganggapnya sebagai aktivitas biasa yang tidak memerlukan tenaga, padahal berpikir itu membutuhkan tenaga, karena otak akan dipaksa untuk bekerja keras memikirkan berbagai persoalan yang sedang kita alami dan sedang membutuhkan jalan keluar yang terbaik.

Oleh sebab itu supaya tenaga kita tidak terkuras karena banyak hal yang harus kita selesaikan, maka mulailah untuk disiplin diri supaya selalu berpikir positif. Artinya yang dipikirkan hanyalah persoalan-persoalan yang memiliki dampak positif untuk keadaan hidup kita, dan yang tidak memberi dampak positif buat keadaan hidup kita alangkah baiknya tidak perlu kita pikirkan, supaya tenaga kita tidak terbuang percuma.

  1. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh kita tetap kuat, karena dengan olahraga secara teratur maka metabolisme tubuh akan tetap bekerja dengan baik, selain itu otot tubuh akan semakin kuat. Dengan olahraga teratur maka saat kita melakukan berbagai aktivitas tubuh tidak akan cepat merasa lelah.

  1. Memperhatikan Menu Makanan Yang Sehat

Memperhatikan menu makanan yang kita konsumsi setiap hari, menjadi salah satu hal penting untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dalam hal ini makanan yang kita konsumsi setiap hari harus memiliki standar gizi yang baik, artinya asupan makanan yang diterima oleh tubuh harus memiliki unsur 4 sehat 5 sempurna, atau dengan kata lain, nilai gizi dan nutrisi yang diterima oleh tubuh harus seimbang sesuai kebutuhan tubuh setiap hari.

Hal yang tidak kalah penting dalam mengkonsumsi makanan adalah selalu mengkonsumsi makanan yang memiliki serat yang tinggi, sebab makanan yang memiliki serat tinggi akan berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, supaya tidak mudah terjangkit berbagai virus dan bakteri yang bisa menjadi penyakit.

  1. Banyak Mengkonsumsi Vitamin D

Vitamin D sangat baik untuk tubuh, karena fungsinya untuk menstimulus sel imun yang dapat menghalau virus dan bakteri. Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D, maka makanlah makanan-makanan yang juga mengandung Vitamin D

Ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D, yang tentu akan berguna untuk menambah dan meningkatkan daya tahan tubuh antara lain; Ikan, Udang, Telur, Tahu, Keju, Sereal, Jamur, Minyak hati ikan cod, dll.

  1. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh yang kuat. Biasakan diri kita untuk selalu disiplin memiliki waktu istirahat yang cukup setiap hari, dimana usahakan supaya kita bisa memiliki waktu tidur setiap hari antara 7 – 8 jam. Waktu istirahat 7 – 8 jam setiap hari akan membuat recovery tubuh semakin cepat dari kelelahan akibat aktivitas seharian penuh.

Ok, demikianlah tadi 5 Tips Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Kuat, yang bisa kami bagikan kali ini. Hal yang terpenting yang perlu diperhatikan adalah keputusan kita untuk Action, atau melakukan apa yang sudah kita baca dan kita pahami, karena apa yang sudah kita tahu akan menjadi tidak berarti bila kita tidak mempraktekkannya. Salam sehat selalu!!