5 Macam Jenis Stadium Kanker Payudara

5 Macam Jenis Stadium Kanker Payudara – Ketika seseorang telah didiagnosis terkena kanker payudara, maka keparahan dan perkembangan kanker tersebut akan diberi nama dengan istilah stadium, dimana dalam kasus kanker payudara mencerminkan ukuran tumor itu sendiri. Stadium juga diperlukan untuk mengukur apakah tumor tersebut telah mencapai kelenjar getah bening, serta menentukan seberapa jauh tumor tersebut telah menyebar ke area tubuh anda yang lainnya.

Semua kanker payudara diberi stadium berdasarkan hasil biopsi, serta berbagai macam temuan lainnya dari tes darah dan pemindaian. Dengan mengetahui tahapan atau stadium kanker payudara, maka bisa membantu tim medis untuk mengambil sebuah tindakan dan memberikan pengobatan yang memadai. Stadium kanker juga bisa memberitahu anda seberapa besar peluang hidup seseorang yang telah menderita penyakit kanker mematikan tersebut.

5 Macam Jenis Stadium Kanker Payudara

5 tahap dari kanker payudara.

Stadium 0

Kanker payudara stadium 0 bisa juga disebut sebagai pra-kanker, dimana menjadi tahapan paling awal dari kanker payudara. Kanker payudara stadium 0 biasanya ditandai dengan dimulainya pertumbuhan sel abnormal di saluran susu payudara. Kanker ini biasanya dapat diobati dengan cara operasi atau dengan radiasi, dan belum membutuhkan kemoterapi atau perawatan apapun.

Stadium 1

Kanker payudara stadium 1 bersifat invasif, artinya tumor tersebut telah menyebar ke jaringan payudara yang sehat. Terdapat 2 macam jenis stadium 1, yaitu 1A dan 1B. Pada tahapan 1A, tumor abnormal ini cenderung lebih kecil dari 2 cm dan belum menyebar ke luar payudara ataupun kelenjar getah bening. Sementara pada tahapan 1B, tumor tersebut lebih kecil dari 2 cm dan sekelompok kecil sel kanker payudara telah ditemukan di kelenjar getah bening.

Stadium 2

Pada tahapan ini, kanker payudara sudah semakin berkembang tetapi masih di dalam tahap awal. Sama halnya seperti stadium 1, kanker payudara stadium 2 dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu 2A dan 2B. Untuk 2A, mungkin anda akan menemukan salah satu ciri di bawah ini:

  • Tidak terdapat tumor, tetapi telah terdeteksi keberadaan kanker pada tiga kelenjar getah bening di bawah lengan.
  • Tumor sebesar 2 cm atau lebih kecil, dengan sel kanker yang berada di kelenjar getah bening di dekat tulang dada.
  • Tumor sebesar 2 hingga 5 cm tetapi belum menyebar sampai ke kelenjar getah bening.

Sementara untuk kanker payudara stadium 2B meliputi:

  • Tumor sebesar 2 hingga 5 cm dan sekelompok sel kanker payudara kecil di kelenjar getah bening.
  • Tumor sebesar 2 hingga 5 cm dan telah terdeteksi keberadaan kanker kurang dari 4 kelenjar getah bening di bawah lengan.
  • Tumor telah membesar hingga lebih dari 5 cm tetapi belum menyebar sampai ke kelenjar getah bening.

Stadium 3

Kanker payudara stadium 3 merupakan jenis kanker stadium lanjut. Tumor ini telah menyebar hingga kelenjar getah bening tetapi masih terbatas dan belum mempengaruhi organ lain di tubuh anda. Stadium ini dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu 3A, 3B, dan 3C berdasarkan ukuran tumor dan keterlibatan kelenjar getah bening.

Menurut National Cancer Institute, seseorang dikatakan telah memasuki stadium 3A jika terdapat salah satu dari ciri-ciri di bawah ini:

  • Tidak ada tumor, atau terdapat tumor dengan ukuran tertentu, dan telah ditemukan kanker pada 4 hingga 9 kelenjar getah bening di dekatnya.
  • Terdapat tumor berukuran lebih besar dari 5 cm dan ditemukannya sekelompok kecil sel kanker payudara di kelenjar getah bening.
  • Tumor lebih besar dari 5 cm dan terdapat kanker pada satu hingga tiga kelenjar getah bening di dekat tulang dada.

Saat memasuki stadium 3B, kanker cenderung memiliki berbagai macam ukuran. Kanker tersebut terdapat pada dinding dada atau kulit payudara, dan cenderung bisa menyebabkan pembengkakan. Bahkan kanker tersebut telah menyebar hingga ke sembilan kelenjar getah bening di dekatnya.

Sementara pada stadium 3C, terdapat tumor dengan berbagai ukuran, atau tidak ditemukan tumor sama sekali, dan disertai dengan ciri sebagai berikut:

  • Kanker pada 10 atau lebih kelenjar getah bening di bawah lengan.
  • Kanker pada kelenjar getah bening di dekat tulang selangka.
  • Kanker pada kelenjar getah bening di bawah lengan dan di dekat tulang dada.

Perawatan terhadap penderita kanker payudara stadium 3 sangatlah bervariasi. Beberapa orang mungkin membutuhkan operasi dan radiasi, serta kemoterapi dan pemindahan kelenjar getah bening. Para pasien juga mungkin akan menjalani terapi hormon atau terapi kanker yang ditargetkan.

Stadium 4

Saat kanker payudara telah memasuki stadium 4, maka kanker tersebut telah menyebar dan bermetastasis ke tempat yang lebih jauh di dalam tubuh. Seringkali telah menyebar ke area seperti tulang, hati, otak, atau paru-paru. Kondisi ini seringkali disebut juga sebagai kanker payudara metastatik. Meskipun kanker payudara stadium 4 sangat mustahil untuk bisa disembuhkan, tetapi pengobatan baru memungkinkan seseorang agar dapat hidup lebih lama.