5 Posisi Atau Gerakan yang Baik Untuk Ibu Hamil

5 Posisi Atau Gerakan yang Baik Untuk Ibu Hamil | Sebagai wanita pasti akan mengalami masa kehamilan, meskipun ada sebagian wanita yang mungkin kurang beruntung karena tidak bisa merasakan keindahan masa kehamilan itu seperti apa. Anda tentunya menginginkan segalanya yang terbaik untuk calon buah hati anda, sehingga saat anda mengetahui bahwa anda tengah hamil, tentunya anda akan lebih berhati-hati lagi dalam melakukan kegiatan apapun. Mengingat awal kehamilan merupakan masa yang masih sangat rentan untuk terjadinya keguguran. Sehingga ada pasti selalu merasa was-was dan khawatir jika harus terus bergerak aktif seperti hari diluar masa kehamilan.

Tahukah anda bahwa sebenarnya ada beberapa gerakan atau posisi yang justru baik untuk para anda yang sedang hamil. Bahkan gerakan yang tepat dapat memberikan manfaat yang baik untuk ada dan juga calon buah hati anda. Apa saja gerakan tersebut? simak penjelasannya berikut ini.

5 Posisi Atau Gerakan yang Baik Untuk Ibu Hamil

 

5 Posisi Atau Gerakan yang Baik Untuk Ibu Hamil.

  1. Posisi Duduk Bersila.

Untuk bisa melakukan gerakan ini, anda perlu menyiapkan matras yang akan digunakan sebagai bantalan saat duduk. Pakailah matras yang nyaman di pakai untuk anda duduki.  Atur posisi duduk bersila kemudian tangan sebelah kanan dan juga kiri pada bagian sisi tubuh anda. Kemudian luruskan siku serta telapak tangan sampai menempel pada lantai. Ambilah nafas dan keluarkan, sebanyak beberapa kali, setelah itu lakukan gerakan dengan mengangkat kedua tangan dari arah samping tubuh ke arah kepala sambil menarik nafas. Setelah itu turunkan tangan secara perlahan dan pelan ke bagian depan tubuh anda.

  1. Posisi Berbaring.

Selanjutnya posisi atau gerakan yang baik untuk ibu hamil adalah berbaring. Di saat berbaring, anda bisa melakukan gerakan kedua kaki menumpu pada dinding. Setelah itu atur posisi tangan kanan dan tangan kiri ke bagian samping tubuh dengan bagian telapak tangan menghadap ketas tubuh. Lakukan gerakan ini sambil menarik nafas, kemudian mata terpejam, dan nyamankan seluruh bagian tubuh anda.

  1. Posisi Berbaring Miring.

Salah satu gerakan yang juga baik untuk ibu hamil adalah posisi berbaring miring. Caranya dengan menempatkan lutut kanan di bagian depan kemudian atur posisi lutut kiri ke bagian belakang.

Anda bisa melakukan gerakan ini dengan menggunakan tumpuan bantal, kemudian aturlah posisi badan miring ke bagian samping dengan menekuk kedua bagian lutut serta kedua lengan anda. Ambil nafas secara perlahan dan keluarkan, gerakan ini akan membantu membuat anda lebih merasa rileks dan nyaman. Pikiranpun menjadi lebih tenang.

  1. Posisi Berbaring Terlentang.

Untuk selanjutnya posisi yang bisa ibu hamil coba dirumah adalah posisi berbaring terlentang. Aturlah posisi badan anda sembari memegang ke dua lutut dan juga kedua tangan anda. Untuk membantu anda dalam mengatur nafas, maka anda bisa melakukan gerakan ini sambil sedikit membuka mulut. Lakukan gerakan badan ke bawah serta ke bagian depan, anda bisa melakukan gerakan ini secara berulang sesuai dengan kemampuan anda.

  1. Gerakan Merangkak.

Selain itu adapun gerakan yang baik untuk dilakukan oleh para ibu hamil adalah gerakan merangkak. Lakukan gerakan merangkan dengan posisi siku tangan lurus dan arahkan pandangan anda ke bagian depann dengan mengangkat kepala dan posisi punggung sejajar. Setelah itu ambil nafas perlahan sembari melengkungkan punggung ke bagian arah dalam. Dan tarik nafas kembali secara pelan dan aturlah kembali posisi punggung dengan meluruskannya seperti posisi sebelumnya. Anda bisa melakukan gerakan ini secara berulang. Awali dengan hitungan yang sedikit dan kemudian bisa menambahnya.

Itulah posisi atau gerakan yang tepat dan baik untuk dilakukan oleh ibu hamil.