Cara Efektif Mengatasi Penyakit Muntaber Secara Alami

Cara Efektif Mengatasi Penyakit Muntaber Secara Alami | Seperti yang kita tahu, bahwa penyakit muntaber dapat menyerang siapa saja, dan tergolong penyakit umum yang cukup berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Maka dari itu, sebaiknya kita harus bisa selalu waspada akan serangan muntaber ini. Muntaber akan membuat para penderitanya rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, karena adanya gejala penyakit muntaber yang dapat mengakibatkan penderita mengalami diare yang berlangsung secara terus menerus dalam frekuensi yang sering.

Selain itu, penyakit muntaber juga akan menimbulkan gejala mual dan juga muntah, dan jika penderita selalu memuntahkan apapun makanan atau minuman yang mereka konsumsi, maka masalah dehidrasipun sudah tidak bisa terhindarkan lagi. Terlebih lagi seseorang yang mengalami penyakit muntaber biasanya akan kehilangan nafsu makannya, dan jika hal ini terus terjadi maka akan membuat tubuh semakin banyak kekurangan cairan serta segala nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sebab itulah penanganan harus segera dilakukan, untuk menghindari adanya dampak buruk yang lebih fatal lagi, dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan nyawanya.

Cara Efektif Mengatasi Penyakit Muntaber Pada Balita

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dirumah untuk mencoba mengatasi penyakit muntaber ini, sebelum meminta bantuan dokter atau tim medis dalam perawatan. Dan inilah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyakit muntaber.

Cara Alami yang Efektif Untuk Mengatasi Penyakit Muntaber.

  1. Mengobati Muntaber Dengan Daun Jambu Biji.

Salah satu bahan alami yang dapat dengan mudah kita cari disekililing rumah kita untuk membantu mengatasi penyakit muntaber adalah daun jambu biji dan juga teh hijau. Kedua bahan alami ini dipercaya mampu mengobati penyakit muntaber dengan efektif. Caranya mudah saja, kita tinggal menyiapkan daun jambu biji dan juga daun teh masing-masing sebanyak 7 lembar. Kemudian tambahkan pula satu buah pisang biji kemudian haluskan semua bahan dengan cara ditumbuk dan tambahkan air secukupnya. Aduk semua bahan yang telah dihaluskan dan biarkan ampasnya mengendap, segera minum airnya tanpa ampasnya secara rutin 3 kali sehari untuk membantu menyembuhkan penyakit muntaber.

  1. Memanfaatkan Bahan Alami Bawang Putih.

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit muntaber adalah bawang putih. Selain bisa menjadi obat alami untuk menurunkan kolesterol dan juga hipertensi, kini kita dapat mengambil manfaat bawang putih untuk membantu meringankan gejala penyakit muntaber dengan efektif. Bahkan bawang putih ini dapat dijadikan obat muntaber untuk anak-anak dan orang lanjut usia. Cara menggunakannya sangatlah mudah karena kita hanya perlu menyiapkan beberapa siung bawang putih kemudian menghaluskannya dan tambahkanlah sedikit garam. Setelah itu seduh menggunakan air panas dan segera minum air seduhan bawang putih tersebut selagi hangat.

  1. Mengkonsumsi Air Kelapa.

Air kelapa memang menjadi salah satu bahan alami yang banyak memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit muntaber, baik untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Kandungan yang ada didalam air kelapa hijau terbukti mampu membantu menghilangkan racun-racun penyebab penyakit muntaber. Minumlah air kelapa hijau secara murni tanpa tambahan gula atau apapun. Bisa diminum secara rutin sehari sekali untuk meringankan gejala muntaber.

  1. Membuat Ramuan Alami Daun Sembung.

Selanjutnya cara alami dan efektif untuk mengatasi penyakit muntaber adalah dengan membuat ramuan alami dari daun sembung. Kita bisa mendapatkan daun sembung ini disekitar rumah, dan setelah itu ambilah beberapa lembar daun sembung terutama bagian pucuk. Cucilah hingga bersih kemudian rebus lah dengan dua gelas air dan masaklah sampai mendidih, dan biarkan air tersebut menyusut menjadi 1 gelas saja. Setelah agak dingin bisa diminum secara rutin dua kali sehari hingga gejala muntaber dapat mereda dan hilang.

  1. Membuat Oralit Sendiri.

Pengonsumsian oralit memang sangat dianjurkan untuk para penderita diare dan juga muntaber. Sebab oralit berfungsi untuk membantu mengatasi masalah dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Kita bisa mencoba membuat oralit sendiri dirumah dengan menggunakan bahan alami yang sangat sederhana dan dapat dengan mudah kita dapatkan dirumah. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa bahan antara lain 4 gram gula pasir, 1 gram garam dan air putih sebanyak 200 cc. Setelah itu campurkan garam dan gula kedalam air setelah itu aduk hingga semua bahan larut dan minumlah paling tidak dua sampai tiga gelas dalam sehari atau setiap habis muntah dan buang air besar. Larutan gula garam adalah penolong pertama untuk penderita diare atau pun muntaber.

Dan untuk membantu mengatasi penyakit muntaber yang menyerang bayi atau balita maka kita bisa melakukan penanganan sebagai berikut:

– Memberikan ASI Pada Bayi.

Penting untuk diketahui, bahwa bayi atau balita juga bisa terserang penyakit muntaber ini. Untuk itu kita harus mengetahui dengan benar cara untuk mengatasinya. Khususnya untuk bayi umur di bawah dua tahun sebaiknya terus di beri asupan ASI yang cukup setiap harinya. ASI merupakan cairan yang paling aman untuk diberikan kepada bayi yang menderita penyakit muntaber ini. Pasalnya air susu ibu banyak mengandung elektrolit yang dapat mengatasi masalah dehidrasi pada bayi. Apabila bayi sudah tidak minum ASI, maka cobalah untuk memberikan susu formula yang bebas dari kandungan laktosa. Sebab laktosa pada susu akan memperparah kondisi diare dan juga muntaber pada bayi.

– Jangan Memberi Bayi Air Putih.

Sebaiknya hal yang harus paling kita perhatikan saat mendapati bayi terserang muntaber adalah dengan tidak memberikan bayi air putih. Memang air putih dikenal sebagai cairan yang digunakan untuk mengatasi masalah dehidrasi, akan tetapi bukan untuk balita atau pun bayi. Maka dari itu hindari memberikan air putih pada bayi yang sedang terserang muntaber, karena air putih tidak memiliki kandungan garam serta nutrisi lainnya, sehingga tidak akan bisa mencukupi atau menghilangkan masalah dehidrasi yang dialami oleh bayi.

– Perawatan Medis.

Bayi atau pun balita memiliki kondisi tubuh yang masih sangat lemah, sehingga jika sampai terjadi sesuatu pada mereka, kita tidak bisa berbuat banyak untuk mencoba memberikan penanganan yang terbaik dan tepat. Sehingga apabila bayi sampai mengalami muntaber, segeralah membawanya pada dokter untuk bisa mendapatkan perawatan medis yang sesuai dengan gejala atau kondisi dari bayi.

Demikian sekilas penjelasan mengenai cara alami yang efektif untuk mengatasi penyakit muntaber.