Cara Efektif Mencegah dan Mengatasi Penyakit Ambeien Saat Hamil

Cara Efektif Mencegah dan Mengatasi Penyakit Ambeien Saat Hamil | Penyakit ambeien atau yang dikenal juga dengan sebutan wasir ini  merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya pelebaran vena di pleksus hemorroidalis yang disertai dengan adanya masalah pembengkakan di bagian lubang anus. Ambeien atau wasir ini dapat menyerang siapa saja termasuk juga para ibu hamil yang akan sangat terasa saat menjelang kelahiran calon buah hati. Perkembangan janin yang sehat, akan menimbulkan berbagai perubahan pada tubuh ibu, dan hal ini memang wajar terjadi pada setiap ibu hamil. Seiring berjalannya waktu janin dalam kandungan akan terus mengalami perkembangan, dan ukurannya semakin hari semakin bertambah besar, dan hal ini menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kondisi fisik ibu semakin mengalami perubahan.

Dari adanya perubahan fisik ini biasanya akan disertai juga dengan adanya perubahan pada pembuluh darah, khususnya untuk pembuluh darah yang terdapat pada bagian rektum atau anus. Perubahan fisik ini juga akan membuat peredaran darah di sekitar anus cenderung lebih banyak dan mengalami peningkatan. Tidak cukup disini saja, terjadinya perubahan pada kondisi rahim yang semakin lama terus membesar di dalam kandungan, biasanya akan mendorong adanya tekanan yang kuat pada daerah rektum ini. Dan hal ini dapat memicu terjadinya pembengkakan di daerah tersebut, dan pembengkakan inilah yang sering dinamakan dengan ambeien.

Cara Efektif Mencegah dan Mengatasi Penyakit Ambeien Saat Hamil

Penyakit ambeien yang dialami oleh ibu hamil, biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri dan akan terasa layaknya benjolan kecil yang berada di sekitar rektum dan menutupi lubang tersebut serta akan terasa sedikit mengganjal. Jika sampai ibu mendapati hal tersebut maka segera mungkin untuk mencoba mengatasinya dengan cara yang tepat. karena jika terus dibiarkan bisa menimbulkan masalah luka yang diikuti dengan munculnya rasa nyeri dan akhirnya dapat berujung pada masalah peradangan. Hal ini akan semakin parah saat ibu menghadapi proses persalinan dan setelah terjadinya proses persalinan.

Maka dari itu, disarankan untuk para ibu yang sekarang tengah mengandung, dan kebetulan terkena ambeien maka bisa mencoba mencegah dan mengatasinya dengan beberapa langkah berikut ini.

Cara Mencegah Ambeien Saat Hamil:

– Langkah pertama yang yang harus ibu perhatikan untuk mencegah terjadinya wasir adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Hal ini berguna untuk mencegah masalah susah buang air besar sehingga ibu tidak perlu susah payah mengejan terlalu keras di saat sedang buang air besar. Mengejan dan sembelit pada ibu hamil menjadi pemicu utama timbulnya penyakit ambeien.

– Bila perlu ikutilah senam kegel yang berguna untuk menjaga dan melatih agar otot yang berada disekitar anus ini bisa terus dalam keadaan yang kuat .

Cara Mengatasi Penyakit Ambeien Pada Ibu Hamil.

  1. Berendam Dalam Air Hangat.

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit ambeien pada wanita hamil adalah dengan rajin berendam di dalam air hangat. Waktu yang paling tepat untuk berendam dalam air hangat adalah pada sore atau malam hari sebelum ibu tidur. Berendam dalam air hangat mampu meredakan timbulnya rasa nyeri akibat dari wasir atau ambeien ini. Berendamlah selama 20 sampai 30 menit setiap harinya, hal ini akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk mengatasi dan menghilangkan rasa nyeri. Tidak hanya itu, berendam dalam air hangat juga akan membantu mengurangi gejala pembengkakan karena wasir ini.

  1. Oles Dengan Minyak.

Selanjutnya cara untuk mengatasi penyakit ambeien atau wasir pada ibu hamil adalah dengan cara oles bagian rektum atau anus dengan minyak zaitun atau pun minyak klentik. Minyak zaitun ini akan membantu meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan dari ambeien ini. Nyeri pada wasir biasanya akan muncul akibat adanya luka atau lecet yang terjadi pada daerah sekitar rektum.

  1. Hindari Memakai Celana Ketat.

Hal-hal yang perlu ibu lakukan untuk membantu mengatasi penyakit ambeien ini agar pembengkakan tidak semakin parah adalah dengan menghindari memakai celana yang terlalu ketat atau kecil. Sebab pemakaian celana yang terlalu ketat akan membuat pembengkakan di daerah rektum ini mengalami dorongan atau tertekan sehingga akan memicu terjadinya luka atau lecet yang bisa mengakibatkan rasa nyeri yang amat sangat. Gunakan celana yang sedikit longgar agar tidak terlalu menempel pada permukaan kulit.

  1. Pakailah Lap Lembut.

Disaat sedang membersihkan bagian rektum atau anus ini, sebaiknya harus dilakukan dengan penuh kelembutan dan hati-hati. Disarankan untuk membersihkan bagian rektum ini dengan memakai lap basah dengan bahan yang lembut, seperti lap yang digunakan untuk bayi.Hindari membersihkan area rektum dengan lap berbahan kasar atau menggunakan tisu toilet. Bersihkan secara rutin terlebih setelah ibu buang air besar.

  1. Kosultasi Pada Dokter

Saat ibu hamil, sebaiknya jangan pernah menyepelekan segala gangguan pada kesehatan. Apabila penyakit ambeien ini telah menyerang, sudah mengeras dan begitu peka terhadap berbagai rangsangan atau sentuhan, maka akan sangat berpotensi terhadap timbulnya rasa sakit atau nyeri yang sangat mengganggu hari-hari ibu. Rasa tidak nyaman pun akan sangat terasa, terlebih jika timbulnya rasa nyeri tersebut disertai dengan keluarnya darah. Sebaiknya ibu tak perlu menunda waktu lagi untuk segera berkonsultasi pada dokter. Sebab kondisi seperti ini harus segera mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Dan itulah informasi mengenai cara mencegah dan mengatasi penyakit ambeien pada ibu hamil. Sebaiknya secepatnya untuk berkonsultasi pada dokter jika sampai terjadi keluhan kesehatan yang bisa berpotensi menjadi lebih berbahaya lagi.