Penyebab Munculnya Jerawat Batu dan Cara Alami Untuk Mengatasinya

Penyebab Munculnya Jerawat Batu dan Cara Alami Untuk Mengatasinya | Ada berbagai masalah jerawat yang bisa tumbuh di wajah kita, salah satunya adalah jerawat batu atau Cystic Acne. Jerawat batu memiliki ciri-ciri dengan ukurannya yang besar, kasar dan berkumpul dalam satu titik di bagian wajah dan biasanya akan membuat suatu peradangan yang hebat. Jerawat ini mengandung nanah di bagian dalamnya yang dapat meradang dan menyebar ke bagian lain yang ada di dekatnya. Seperti ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sel kulit dan bisa menimbulkan pembentukan luka yang mendalam di kulit. Sebenarnya apa yang menyebabkan munculnya jerawat batu ini? Silahkan simak informasi mengenai beberapa penyebab timbulnya jerawat batu di bawah ini.

Penyebab Munculnya Jerawat Batu.

1. Pengaruh Kosmetik.

Masalah jerawat batu bisa terjadi akibat sisa-sisa make up yang tidak segera dibersihkan saat akan tidur. Hal ini bisa membuat pori-pori tidak bisa bernapas dan akhirnya menimbulkan masalah jerawat. Pemakaian kosmetik yang kurang bersahabat dengan kulit juga bisa menjadi pemicu masalah jerawat batu.

2. Adanya Sel Kulit Mati Didalam Folikel Rambut.

Selanjutnya penyebab munculnya masalah jerawat batu pada wajah adalah akibat adanya sel-sel kulit mati yang berada di dalam folikel rambut.

3. Tumbuhnya Sel Kulit Yang Tidak Normal.

Adanya pertumbuhan sel kulit yang tidak normal juga bisa menimbulkan jerawat batu yang parah. Sebab sel kulit yang abnormal ini tidak bisa mendukung proses regenerasi kulit secara cepat.

4. Masalah Kelenjar Minyak.

Biasanya seseorang yang mengalami masalah jerawat batu, akan memiliki kelenjar minyak yang jumlahnya berlebihan. Sehingga menyebabkan kulit yang selalu tertutupi atau terselimuti oleh minyak.

5. Pancaran Sinar Matahari.

Selain karena adanya bakteri penyebab jerawat seperti Propionibacteria yang menyerang kulit. Timbulnya masalah jerawat batu di wajah jua bisa karena adanya pengaruh buruk dari pancaran sinar matahari yang secara langsung mengenai permukaan kulit wajah. Bagi kita yang memiliki kulit sensitif, hal sekecil apapun dapat menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat, seperti paparan sinar matahari ini sekalipun.

Cara Mengatasi Jerawat Batu Dengan Bahan Alami.

1. Menggunakan Belimbing Wuluh.

Selain itu kita bisa manfaatkan bahan alami belimbing wuluh untuk membantu mengatasi jerawat batu ini. Siapkan 3 buah belimbing wuluh kemudian parut dan tambahkan sedikit garam dan juga air. Usapkan pada wajah dan diamkan selama 5 menit, lalu bilas.

2. Menggunakan Daun Jambu.

Ambil 25 lembar daun jambu, kemudian remas-remas dan gunakan air remasan tersebut pada wajah selama 5 menit.

3. Menggunakan Daun Pepaya.

Sediakan 3 lembar daun pepaya kemudian keringkan dibawah sinar matahari pagi. Setelah itu tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air, kemudian oleskan pada wajah diamkan selama 5 atau 10 menit dan bilas.

4. Menggunakan Mentimun.

Tempelkan irisan mentimun pada wajah yang berjerawat, atau kita bisa menggosoknya secara perlahan.

5. Menggunakan Kentang.

Pertama-tama, halus kan kentang dan campur dengan sedikit air, aplikasikan pada wajah secara merata dan tunggu selama 15 menit, lalu bilas.

6. Menggunakan Madu dan Telur.

Siapkan 1 butir putih telur kemudian tambahkan dengan satu sendok madu. Usapkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas.

7. Menggunakan Lidah Buaya.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil gel lidah buaya dan oleskan pada wajah sebanyak dua kali dalam sehari.