Perut Terasa Panas Saat Hamil Muda? Ini Dia Tips Untuk Mengatasinya

Perut Terasa Panas Saat Hamil Muda? Ini Dia Tips Untuk Mengatasinya | Tentunya saat menjalani kehamilan pertama akan membuat sebagian besar wanita mengalami rasa khawatir yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena munculnya banyak perubahan yang terjadi terutama pada masalah fisiknya. Terkadang ketidaktahuan tentang masalah yang akan dihadapi saat masa kehamilan membuat banyak wanita sedikit-sedikit merasa cemas dan takut akan terjadinya sesuatu pada calon buah hatinya di dalam rahim. Memang hal ini sangatlah wajar untuk dirasakan, namun untuk lebih merasa tenang dalam menjalani kehamilan, sangat disarankan bagi calon ibu untuk memperbanyak informasi mengenai kehamilan.

Salah satu contoh masalah kehamilan usia muda yang sering terjadi adalah perut yang terasa panas, dan terkadang hal ini sering membuat khawatir para ibu.

Perut Terasa Panas Saat Hamil Muda

Penyebab Perut Terasa Panas Saat Hamil Muda.

Sebenarnya munculnya sensasi panas pada perut akan muncul akibat adanya makanan yang telah masuk ke lambung kemudian terdesak keluar menuju ke kerongkongan. Hal ini bisa terjadi karena adanya janin di dalam rahim yang tumbuh dan membesar. Dampaknya akan membuat masalah iritasi di bagian kerongkongan sebab adanya makanan yang masuk ke bagian lambung sudah memiliki sifat asam.

Adanya hormon progesteron di masa kehamilan yang terus mengalami peningkatan akan menyebabkan asam lambung menjadi naik. Selain itu, adanya peningkatan hormon ini juga akan menimbulkan kinerja dari sistem pencernaan menjadi terhambat, sehingga bisa menyebabkan perut menjadi terasa panas.

Cara Mengatasi Perut Terasa Panas Saat Kehamilan Usia Muda.

  1. Pilihlah Makanan yang Tepat.

Sebaiknya untuk mengurangi timbulnya rasa panas di perut saat hamil, ibu perlu menjauhi beberapa makanan yang dapat menjadi pemicu masalah tersebut. Makanan asam, pedas, berlemak dan minuman yang mengandung soda, serta berkafein adalah daftar makanan dan minuman yang harus ibu hindari di saat hamil, jika tidak ingin masalah perut panas semakin menjadi-jadi.

  1. Makanlah Dengan Porsi Kecil.

Dan cara untuk mengatasi masalah perut terasa panas saat hamil muda adalah dengan mengatur pola makan dengan porsi yang kecil namun sering. Hindari mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus, karena hal ini justru akan membuat masalah perut terasa panas menjadi semakin parah. Makanlah dengan lebih sering sedikit demi sedikit dan jangan biarkan perut terlalu lama dalam keadaan kosong.

  1. Makanlah Dengan Perlahan.

Seringnya ibu makan dengan tergesa-gesa tentu akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan pencernaan. Sebab saat makan terburu-buru biasanya makanan akan langsung ditelan tanpa dihancurkan dengan baik terlebih dahulu di dalam mulut. Sehingga akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras lagi dalam menghancurkan makanan. Selain itu, makan dengan terburu-buru juga dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga menyebabkan sensasi panas pada perut.

  1. Atur Jeda Makan Dengan Tidur.

Pastinya banyak dari ibu yang sering melakukan kesalahan dengan tidak mengatur waktu makan dengan waktu tidur. Untuk menghindari masalah perut terasa panas saat hamil adalah dengan memberi jeda setelah waktu makan dengan waktu tidur. Tidur setelah makan akan membuat asam lambung menjadi naik dan akibatnya perut akan terasa panas. Cobalah untuk memberi jeda sekitar 2 hingga 3 jam setelah makan dengan tidur, cobalah untuk melakukan hal-hal lain terlebih dulu, misalnya berjalan atau duduk.

Dan itulah penyebab dan cara mengatasi perut terasa panas saat hamil muda, semoga bisa menambah ilmu untuk para ibu hamil.