Mencegah Osteoporosis Tanpa Obat

Mencegah Osteoporosis Tanpa Obat – Kesadaran masyarakat Indonesia akan Osteoporosis bisa dibilang masih sangat rendah. Faktanya, banyak orang belum menyadari pentingnya merawat kesehatan tulang sejak dini, Banyak orang mengkonsumsi susu kalsium untuk Mencegah Osteoporosis saat mereka sudah berusia 40-an, sedangkan perawatan tulang sangat disarankan untuk dimulai pada usia 20-an. Masalah tulang ini sering terjadi pada wanita berusia lebih dari 50 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada wanita berumur sekitar 40 tahun.

Osteoporosis atau tulang keropos biasanya terjadi pada daerah tulang seperti pinggul, tulang belakang atau tulang rusuk. Osteoporosis dapat menyebabkan tulang patah dan bahkan bisa menyebabkan kematian, karenanya, pastikan untuk Mencegah Osteoporosis dengan cara yang alami.

Mencegah Osteoporosis Tanpa Obat

Cara Mengobati Penyakit Osteoporosis

Koreksi Asupan Kalsium untuk Mencegah Osteoporosis

Dibandingkan penduduk negara maju, asupan kalsium masyarakat Indonesia bisa dibilang rendah karena masyarakat Indonesia kurang akrab dengan produk susu seperti keju, yogurt dan lain sebagainya. Mengkonsumsi supplemen dapat menjadi solusi, tetapi supplement hanya bisa menmperlambat sekitar 30% sampai 50% resiko pengeroposan tulang. Lebih disarankan untuk mengkonsumsi sumber makanan alami seperti asparagus, kacang-kacangan, kacang hijau, gandum, ikan sarden dan salmon. Mengkonsumsi sayuran tertentu juga sangat disarankan. Pastikan untuk memasukkan sayuran seperti sayur berdaun hijau dalam menu kita. Sayuran berdaun hijau mengandung vitamin dan mineral yang dapat berperan penting dalam kesehatan tulang seperti vitamin K1, zat boron dan tentu saja kalsium. Sayur seperti kangkung, sawi hijau, brokoli dan bayam sangat disarankan.

Vitamin D dan Teh Hijau untuk Asupan Kalsium

Vitamin D sangat berpengaruh untuk kesehatan tulang, khususnya dalam penyerapan kalsium. Kita dapat memperoleh vitamin D dari sinar matahari pagi dan kuning telur. Jika berjemur dipagi hari kurang memungkinkan, kita dapat mengkonsumsi supplemen boron dan magnesium yang bisa kita dapatkan dari dokter kita. Teh hijau juga sangat disarankan dalam meningkatkan asupan kalsium. Teh hijau mampu menjaga kepadatan tulang. Riset yang diterbitkan oleh Journal of American College of Nutrition mendukung teori ini. Riset mengambil sample dari wanita berusia 70-85 tahun yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Hasil riset menunjukkan bahwa wanita yang  mengkonsumsi teh hijau mempunyai kepadatan tulang yang lebih tinggi. Olahraga juga menjadi salah satu kunci untuk menghindari Osteoporosis.

Hal yang harus Dihindari untuk Mencegah Osteoporosis

Ada beberapa kebiasaan dan minuman yang harus dihindari jika kita ingin Mencegah Osteoporosis. Kebiasaan merokok, minum kopi atau alkohol dapat meningkatkan resiko Osteoporosis. Kandungan yang terdapat pada kopi, alkohol dan rokok dapat mengikis kesehatan tulang. Salah satu minuman yang juga harus dihindari adalah soft drink. Soft drink mengandung soda yang dapat membuat tulang keropos, karenanya, kebiasaan minum soft drink akan  meningkatkan resiko Osteoporosis. Soda di soft drink bahkan bisa mengikis enamel gigi, bayangkan jika soda yang terkandung masuk ke dalam tubuh kita dan mengikis tulang kita.