Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata – Kita semua tahu kalau mata adalah salah satu bagian tubuh dari panca indra manusia yang diciptakan Tuhan begitu indah, karena dengan mata maka kita akan bisa melihat keindahan dunia yang Tuhan ciptakan ini. Memiliki mata yang sehat adalah dambaan setiap orang, tetapi pada kenyataannya seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju maka membuat manusia akan selalu berhubungan dengan berbagai media peralatan digital, mulai dari bekerja didepan komputer berjam-jam, nonton TV, main Game, hp, dan semua kegiatan ini akan berdampak pada mata kita.

Hal ini bisa terlihat dari begitu banyaknya anak-anak yang masih kecil saat ini, akibat dari pengaruh radiasi komputer, TV, Hp, Game, telah membuat kesehatan mata mereka menjadi terganggu di usia yang masih kecil, dan pada akhirnya memaksa mereka sudah menggunakan kacamata pada umur yang masih relatif sangat mudah. Itu bisa kita lihat terjadi dimana-mana, anak masih berumur 6 tahun sudah harus menggunakan kacamata.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Disinilah kita harus menyadari bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan mata kita dengan baik, oleh sebab itu pada kesempatan ini saya akan memberikan 8 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata.

Sebelum kita melihat tips cara untuk menjaga kesehatan mata, maka alangkah baiknya kita kenali dulu beberapa jenis penyakit mata yang ada, mulai dari:

  • Miopi, atau rabun jauhHipermetropi, atau rabun dekat
  • Presbiopi, atau tidak dapat melihat benda jauh maupun dekat
  • Katarak
  • Buta warna, artinya tidak dapat melihat berbagai macam warna

Itu adalah beberapa jenis penyakit mata yang sering kita jumpai terjadi pada setiap orang. Untuk menjaga kesehatan mata kita agar tetap sehat, maka tips-tips berikut ini bisa kita jalankan setiap saat, dan dibawah ini saya berikan beberapa Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata:

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Untuk menjaga mata tetap sehat, maka kita harus menyadari bahwa mata juga memerlukan vitamin, dan vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan mata adalah vitamin A.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A supaya mata kita tetap terjaga kesehatannya, maka konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin A, baik buah maupun sayuran.

Inilah jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin A mulai dari, wortel, selada, ubi jalar, minyak hati ikan kod, hati kalkun, lada merah, mangga, blewah, kacang polong, lobak, buah aprikot kering, kemangi kering, cabai merah, bayam, tomat, pepaya, buah naga, apel, pisang, sereal yang terbuat dari gandum atau jagung, dan masih banyak lagi. Sedapat mungkin konsumsilah jenis-jenis makanan tersebut secara teratur, dan berikan juga bagi anak-anak  secara teratur supaya bisa menjaga kesehatan mata mereka.

  1. Waktu Istirahat Mata

Pengaruh radiasi dari monitor komputer, atau televisi, juga dari game atau hp, akan berdampak buruk bagi mata, oleh sebab itu saat bekerja berjam-jam di depan komputer usahakan untuk memberi sedikit waktu istirahat untuk mata supaya mata tidak cepat lelah. Jangan membiarkan mata kita menjadi lelah karena bila terlalu lama memandang monitor komputer, televisi dan lainnya, maka kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi mata dan akan mengakibatkan kerusakan pada mata.

Istirahat untuk mata diperlukan supaya mata kembali menjadi rileks, dan ini dapat memberikan kesegaran pada mata. Cobalah untuk pejamkan mata beberapa menit mungkin 5 – 10 menit dan biarkan mata beristirahat.

  1. Jaga jarak pandang

Saat Anda melakukan aktivitas seperti membaca buku, nonton TV, atau bekerja di depan komputer, jagalah jarak pandang yang ideal supaya mata tidak langsung terkena radiasi dari sinar monitor komputer, TV, atau yang lainnya. Begitu pun saat Anda membaca buku, jagalah jarak pandang yang ideal. Jarak pandang yang ideal saat membaca adalah 30 cm, hal ini dapat menghindarkan mata dari resiko terkena rabun dekat.

  1. Melakukan olahraga mata

Untuk olahraga mata ini Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini secara rutin, karena akan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

  • Pijat kedua pelipis Anda dengan menggunakan ibu jari. Lakukanlah gerakan pijatan dengan arah memutar kurang lebih 20 kali, kemudian ganti arah pijatan secara berlawanan dalam jumlah yang sama. Selain itu lakukan juga pijatan yang sama pada bagian alis, tepatnya diantara batang hidung.
  • Melatih fokus pandang. Untuk melatih fokus pandang, ambillah sebuah pensil atau pulpen kemudian ulurkan tangan Anda kedepan wajah Anda, dan mulailah fokuskan pandangan Anda ke arah pensil atau pulpen tersebut beberapa saat, kemudian secara perlahan-lahan gerakan tangan Anda yang memegang pensil atau pulpen tersebut mendekat ke wajah Anda, hingga jarak pandangnya kurang lebih 12 cm dari hidung, dan jauhkan kembali ke tempat semula. Lakukanlah hal ini berulang kali hingga mencapai 10 – 12 kali.
  • Memutar bola mata. Arahkan pandangnan mata Anda ke atas, kemudian putarlah bola mata Anda searah jarum jam hingga 10 – 12 kali, kemudian lakukan dengan cara yang sama ke arah yang berlawanan.
  1. Hindari kebiasaan mengucak mata

Jika mata Anda terasa gatal, jangan membiasakan untuk dikucak, karena saat Anda mengucak mata, Anda terkadang tidak pernah menyadari ada begitu banyak debu atau pun kuman yang tidak terlihat namun berada di tangan, bila ini sering Anda lakukan maka akan berakibat buruk untuk mata.

  1. Jangan memakai lensa kontak terlalu lama

Bila selama ini Anda sering memakai lensa kontak dengan tujuan untuk penampilan terlihat semakin menarik, itu sah-sah saja, akan tetapi usahakanlah untuk tidak memakai lensa kontak lebih dari 17 – 19 jam, sebab bila lebih maka akan berakibat pada iritasi mata, dan hal ini akan bisa menyebabkan kerusakan mata Anda secara permanen.

  1. Pakai pelindung mata saat mengendarai motor

Bila selama ini Anda sering mengendarai motor ke tempat kerja atau untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya dan tidak pernah menggunakan pelindung mata, maka mulai sekarang rubahlah kebiasaan tersebut dengan memakai pelindung mata seperti helm yang berkaca atau memakai kacamata, saat mengendarai motor. Tujuannya supaya mata tidak langsung terkena debu, atau polusi udara.

  1. Periksa mata secara teratur

Walaupun Anda merasa bahwa mata Anda dalam keadaan baik-baik saja,tetapi alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan mata secara teratur, hal ini untuk menghindari penyakit mata yang bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa Anda sadari. Ingatlah selalu ada ungkapan bahwa mata yang sehat itu adalah mata yang indah, oleh sebab itu kita harus berusaha menjaga mata yang sudah Tuhan berikan ini supaya tidak rusak dan tetap sehat.

Demikianlah tadi beberapa Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata yang penting untuk anda ketahui untuk menjaga mata anda senantisa sehat dan terjaga. Tak ada salahnya untuk mulai lebih menjaga kesehatan mata anda, mulai sekarang!!