Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Berbicara mengenai daun sirih ini, sejenak membawa saya kembali kepada masa lalu saat masih hidup di desa, dimana ada satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh nenek saya saat itu yaitu, ia begitu gemar untuk memakan daun sirih ini bersamaan dengan buah pinang dan kapur khusus yang kemudian ditumbuk hingga halus lalu dikunyah didalam mulut untuk beberapa lama, dan kebiasaan ini di kampung saya sering disebut dengan istilah makan sirih pinang.

Tentu saat itu sama sekali saya tidak pernah mengerti nenek saya makan sirih pinang itu tujuannya untuk apa. Kalau ternyata sekarang baru kita mengerti daun sirih itu sangat banyak manfaatnya, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa betapa banyaknya manfaat dari daun-daunan yang berguna untuk kesehatan tubuh dan salah satunya adalah daun sirih hijau ini, dan ternyata manfaat itu sudah dirasakan oleh para leluhur kita sejak zaman dahulu.

Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Mari kita coba melihat apa saja kandungan yang ada pada daun sirih serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan wajah. Kandungan yang terdapat pada daun sirih antara lain; Kavibetol, Kavicol, Hidrosikavicol, Estragol, Fenil Propane, Minyak Atsiri, Caryophyllene, Allylpyrokatekol, Cadinene, Cyneole, Diastase, Pati, Tannin, Seskuiterpena, Terpennene dan gula. Semua zat-zat yang telah disebutkan diatas itulah yang dikandung di dalam daun sirih, sehingga membuat daun sirih ini begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan wajah.

Daun siri sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu, daun sirih hijau, daun sirih merah, dan daun sirih hitam. Ketiga jenis daun sirih ini, sejak zaman dahulu kala sudah sering digunakan sebagai herbal, hanya saja di zaman itu belum menggunakan istilah herbal seperti sekarang ini.

Manfaat Daun Sirih Hijau

Walaupun ketiga jenis daun sirih tersebut begitu bermanfaat, namun kali ini yang akan kita bahas adalah Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Bagi teman-teman yang mungkin hidup di desa, mungkin sudah sangat kenal dengan daun sirih ini, karena sering tumbuh dimana-mana dan merambat pada batang-batang pepohonan.

Apa saja manfaat dari daun sirih hijau ini?. Ada begitu banyak sekali manfaat dari daun siri hijau ini, untuk itulah mari kita lihat manfaat-manfaat tersebut, agar bisa kita gunakan juga sebagai obat tradisional yang bermanfaat.

  • Menghilangkan Bau Badan

Daun siri ini dikenal dapat menghilangkan bau badan yang tak sedap dari ketiak. Manfaatkan daun sirih ini untuk menghilangkan bau badan dengan cara, tumbuk hingga halus beberapa lembar daun sirih hijau ini, kemudian oleskan pada bagian ketiak. Lakukanlah secara teratur setiap hari sesudah mandi

  • Menyembuhkan Penyakit Kulit

Daun sirih juga dapat menyembuhkan penyakit kulit, baik itu penyakit kulit seperti eksim kering maupun eksim basah. Lakukanlah pengobatan terhadap penyakit kulit dengan cara yang sama seperti cara diatas.

  • Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Daun sirih hijau ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya ambil 4-5 lembar daun sirih, kemudian direbus dengan air dua gelas, biarkan sampai mendidih hingga airnya kurang lebih tinggal 1 gelas, kemudian diinginkan air rebusan daun sirih tersebut lalu diminum. Minum secara teratur dua kali dalam sehari.

  • Menyembuhkan Penyakit Asma

Daun sirih hijau juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit Asma. Untuk menjadikan daun sirih hijau sebagai obat penyakit asma, maka lakukan dengan cara seperti mengobati radang tenggorokan.

  • Mengobati Demam Berdarah

Daun sirih hijau juga bisa dijadikan sebagai obat demam berdarah. Caranya lakukan dengan cara yang sama seperti diatas, yaitu merebus 4 – 5 lembar daun sirih dengan dua gelas air hingga air rebusan tersebut tinggl menjadi 1 gelas, kemudian diinginkan lalu diminum secara teratur 2 kali sehari.

Daun sirih hijau yang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian tubuh, juga dapat mencegah gigitan nyamuk demam berdarah. Oleskan pada bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh pakaian seperti tangan dan kaki

  • Menghilangkan Jerawat

Daun sirih bisa juga digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya tumbuk hingga halus beberapa lembar daun sirih, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat sebagai pengganti masker, dan diamkan hingga beberapa saat. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

  • Mengobati Gatal – gatal pada Kulit

Bila teman-teman sering mengalami gatal-gatal pada kulit, maka tumbuklah beberapa lembar daun sirih hingga halus kemudian oleskan pada bagian kulit yang gatal-gatal, dan dalam beberapa saat maka gatal-gatal tersebut akan berangsur-angsur hilang

  • Mengobati Luka Bakar

Untuk mengobati luka bakar, maka gunakanlah daun sirih yang telah dipanaskan sampai layu, sehingga akan terlihat seperti berminyak, kemudian tempelkan pada luka bakar, dan lakukan secara teratur, sehingga beberapa hari kemudian luka bakar tersebut terlihat mulai sembuh.

  • Mencegah Mimisan

Bila anak-anak sering mimisan maka dapat menggunakan daun siri untuk mencegah mimisan. Ambil selembar daun siri di kucak hingga terasa lembut, kemudian digulung dan masukan ke hidung yang mimisan, diamkan beberapa saat.

  • Mengobati Sariawan

Jika teman-teman sering mengalami sariawan, maka bisa diobati dengan cara rebus daun sirih lalu kumur-kumur dengan air rebusan daun sirih tersebut secara teratur.

Teman-teman juga bisa langsung mengunyah 1 lembar daun sirih mentah hingga beberapa saat, setelah itu kumur-kumur dengan menggunakan air hangat, maka sariawannya akan sembuh.

  • Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Bila panas dalam berlebihan biasanya akan menimbulkan bau mulut tak sedap. Rebuslah beberapa lembar daun sirih dan kumur-kumur dengan air rebusan daun sirih tersebut secara teratur untuk menghilangkan bau mulut tak sedap

  • Melancarkan Haid

Daun sirih juga berguna untuk melancarkan haid yang tidak teratur, yaitu dengan minum air rebusan daun sirih secara teratur.

  • Mengobati Keputihan

Bagi kaum wanita yang sering keputihan, bisa mengobatinya dengan cara minum air rebusan daun sirih secara teratur. Air rebusan itu juga bisa dipakai untuk membersihkan bagian intim atau miss V. Lakukan hal ini secara teratur dapat menyembuhkan keputihan.

Ok teman-teman, demikianlah tadi beberapa Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman semua dan menambah wawasan kita akan daun yang bergitu kaya akan manfaat ini .