Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Wortel merupakan salah satu jenis sayuran, namun bukan dalam bentuk daun tetapi berbentuk buah, dan buahnya berwarna orange terlihat sangat menarik. Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas apa saja manfaat wortel ini, mulai dari kandungan gizinya, Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, manfaatnya untuk ibu hamil, yang semuanya itu berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Kandungan Gizi Pada Wortel

Walaupun buah wortel berwarna orange, namun kandungan gizi yang terdapat pada wortel lebih didominasi oleh Vitamin A, bahkan menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan harian orang dewasa dalam setiap porsinya. Selain vitamin A, wortel juga memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, B9, C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, beta-karoten, sodium, dan lainnya.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bila kita melihat secara lengkap maka nilai kandungan gizi pada wortel sebagai berikut:

Nilai Kandungan gizi Wortel per 100 g (3.5 oz).

  • Vitamin A equiv. 835 mg (93%),
  • Thiamine (Vit. B1) 0.04 mg (3%)
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
  • Niacin (Vit. B3) 1.2 mg (8%)
  • Vitamin B6 0,1 mg (8%)
  • Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
  • Vitamin C 7 mg (12%)
  • Energi 173 kJ (41 kcal)
  • Gula 5 g
  • Karbohidrat 9 g
  • Diet serat 3 g
  • Lemak 0,2 g
  • Protein 1 g
  • Beta-karoten 8285 mg (77%)
  • Kalsium 33 mg (3%)
  • Besi 0,66 mg (5%)
  • Magnesium 18 mg (5%)
  • Fosfor 35 mg (5%)
  • Kalium 240 mg (5%)
  • Sodium 2,4 mg (0%)

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Berikut ini kita akan melihat manfaat wortel untuk kesehatan, dari kandungan gizi yang begitu banyak terkandung didalamnya. Semua manfaat wortel untuk kesehatan maupun kecantikan akan saya ulas satu per satu dibawah ini.

  1. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A yang sangat tinggi pada wortel akan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi wortel secara teratur maka akan membantu menjaga kesehatan mata kita supaya tetap sehat.

Cara kerjanya adalah, wortel yang begitu kaya akan beta-karoten seperti yang kita lihat pada data diatas 8285 mg (77%) kemudian diubah menjadi vitamin A dalam hati. Setelah itu vitamin A, kemudian ditransformasikan ke dalam retina dengan tujuan untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan mata, untuk mempertajam penglihatan mata di waktu malam.

Selain itu beta-karoten juga berfungsi untuk melindungi dari degenerasi makula dan katarak. Ini adalah merupakan masalah kesehatan mata yang sering dialami oleh orang yang umurnya sudah lanjut usia.

  1. Manfaat Wortel Untuk Penyakit Jantung

Mari kita lihat sekarang manfaat wortel untuk mencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi 6 – 7 buah wortel dalam seminggu, maka dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh kita, dan hal ini akan bermanfaat untuk menekan resiko penyakit jantung.

Selain itu, zat antioksidan yang terkandung di dalam wortel akan berfungsi membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dimana kita tahu bahwa darah tinggi atau hipertensi ini, dapat memicu penyakit jantung. Oleh sebab itu mengkonsumsi wortel akan sangat bermanfaat untuk menekan resiko penyakit jantung.

  1. Manfaat Wortel Untuk Mencegah Stroke

Kita tahu bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi akan sangat berbahaya untuk memicu penyakit jantung, dan hal inipun bila tidak diatasi maka akan beresiko untuk memicu orang yang hipertensi tersebut terkena stroke.

Orang yang mengkonsumsi 6 – 7 buah wortel setiap minggu akan dapat menekan resiko terkena stroke, dibandingkan orang yang tidak pernah mengkonsumsi wortel, atau yang hanya mengkonsumsi wortel hanya 1 kali dalam sebulan.

  1. Manfaat Wortel Untuk Mencegah Kanker

Wortel juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Antioksidan yang terdapat pada wortel sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker seperti: kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker lambung, kanker saluran kemih, dan kanker pankreas.

Dari penelitian disimpulkan bahwa orang yang memiliki kadar beta-karoten yang rendah akan sangat rawan terkena kanker paru-paru, apalagi bila orang tersebut adalah seorang perokok. Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi seorang perokok untuk mengkonsumsi wortel secara teratur, agar supaya dapat mencegah kanker paru-paru.

  1. Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Ginjal

Wortel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Bagi orang yang sedang bermasalah dengan kesehatan ginjalnya, maka minum jus wortel secara teratur akan sangat baik untuk membersikan dan menyaring ginjal.

  1. Manfaat Wortel Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Wortel juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh akan semakin diperkut bila mengkonsumsi wortel secara teratur. Wortel yang mengandung antioksidan akan bermanfaat untuk menjaga, dan menangkal radikal bebasManfaat Wortel Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti yang telah kita bahas diatas, maka sekarang kita akan melihat manfaat wortel untuk kecantikan.

  1. Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Kulit

Wortel yang kaya akan vitamin A, juga sangat berguna untuk kecantikan kulit. Jadi bagi Anda yang ingin memiliki kulit cantik alami maka mulailah untuk mengkonsumsi jus wortel secara teratur, agar kulit Anda akan terlihat cantik dan bersinar.

Wortel juga dapat menghilangkan noda-noda hitam pada kulit yang diakibatkan oleh pigmentasi. Anda bisa memanfaatkan wortel sebagai masker atau dikonsumsi dalam bentuk jus, akan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, bahkan dapat membantu mencegah berbagai penyakit kulit.

  1. Manfaat Wortel Untuk Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang terkandung didalam wortel akan menangkal radikal bebas yang terkena pada kulit. Dengan demikian maka kulit akan tetap terjaga dengan baik, sehingga kulit tidak cepat menjadi kusam dan keriput. Mengkonsumsi wortel secara teratur akan membantu memperlambat penuaan dini akibat kulit yang tidak sehat.

Manfaat Wortel Untuk Ibu Hamil

Kalau kita sudah banyak mengetahui manfaat wortel, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit, maka sekarang kita akan melihat apa saja manfaat wortel untuk ibu hamil.

  1. Manfaat Wortel Untuk Menjaga Kesuburan

Bagi pasangan yang baru menikah atau pasangan yang sedang merindukan hadirnya buah hati dalam kehidupan mereka, maka kesuburan menjadi hal yang paling penting. Oleh sebab itu mengkonsumsi jus wortel secara teratur akan sangat baik, karena dapat meningkatkan kesuburan kandungan.

  1. Manfaat Wortel Untuk Janin Dalam Kandungan

Wortel yang kaya akan vitamin A yang sangat tinggi, juga sangat bermanfaat untuk janin di dalam kendungan. Kandungan antioksidan yang terdapat pada wortel juga akan sangat baik untuk menjaga janin tetap tumbuh sehat.

  1. Manfaat Wortel Untuk ASI

Wortel juga sangat baik untuk membantu meningkatkan kualitas maupun kuantitas ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui.

Itulah ulasan kali ini yang dapat kami bagikan tentang  Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan buat semua sahabat pembaca setia.